Freestyle motor nggak cuma milik cowok-cowok doang. Kamu yang cewek pun berhak untuk belajar dan ngelakuin freestyle motor. Siapa tau, kamu bisa jadi freestyle motor profesional wanita Indonesia yang bisa berprestasi, entah itu di negara kita maupun internasional.

Tips Cara Menjadi Freestyle Motor Wanita Indonesia

Kalo kamu niat jadi freestyler motor wanita Indonesia, kamu wajib baca artikel ini ampe beres. Di sini, kami bakal ngasih kamu beberapa tips untuk ngewujudin impian kamu. Biar kamu nggak penasaran, langsung aja baca tips kami di bawah ini:

  1. Cari Tempat Yang Tepat
    Tempat latian yang tepat bakal bikin kamu maksimal belajar freestyle motor. Sebagai rekomendasi, pilihlah jalanan yang sepi dan beraspal. Kami nggak nyaranin kamu untuk latian di jalan umum. Kamu nggak mau ‘kan ketabrak kendaraan umum pas lagi enak-enaknya latian?
  2. Jangan Langsung Pake Motor
    Jangan buru-buru langsung pake motor saat kamu pertama kali latian. Ini dilakuin biar motor yang kamu pake tidak rusak. Sebagai gantinya, kamu bisa memakai sepeda ontel terlebih dahulu.
  3. Mulailah Memakai Motor Bebek
    Tips ini dilakukan bila kamu sukses melakoni tips pertama. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan tips ini. Tips-tips itu adalah:
    • Untuk tahap awal, kamu harus mengatur motormu dalam gigi 1, dan kemudikanlah motor dalam kecepatan 20 km/jam.
    • Posisi badan sebaiknya agak membungkuk ke depan, agar lenganmu tidak terlalu berat selama menekan stang.

Teknik Dasar Freestyle Motor Yang Patut Kamu Kuasai

Selain melakoni tips-tips di atas, kamu juga perlu menguasai beberapa tekni dasar freestyle motor. Ada tiga teknik dasar yang wajib dikuasai. Ketiga teknik itu adalah sebagai berikut:

Stoppie

Ini adalah teknik dasar yang dilakukan dengan cara mengangkat bagian ban belakang motor. Kunci kesuksesan teknik ini adalah perputaran motor sebanyak 180 derajat. Agar bisa maksimal dalam ngelakuin teknik ini, kamu bisa terapin sejumlah langkah langkah di bawah sini:

• Jalankan motor secara perlahan hingga speedometer mencapai angka 40 km/jam.

• Tekan rem depan sampai bagian ban belakang mulai terangkat. Sambil tekan rem, kamu bisa condongkan badan ke arah depan sambil menekan bagian setang motor.

• Lepas rem depan perlahan demi perlahan bila bagian moor sudah naik ke atas. Pastikan untuk menjaga keseimbangan tubuh dan motor dengan cara menggerakkan badan ke kiri dan kanan.

• Agar teknik ini bisa kamu kuasai, kamu harus melatihnya di lapangan aspa yang bersih dari pasir dan bebatuan. Hal ini patut diperhatikan agar kamu nggak selip saat sedang berlatih.

Wheelie

Ini adalah teknik yang dilakuin dengan cara ngangkat ban depan motor, sambil tetap menjalankan motor dengan gas. Seperti teknik sebelumnya, teknik ini juga perlu dilakuin dengan sejumlah langkah, yakni:

• Bungkukan badanmu ke arah depan, dan injaklah rem belakang dengan kakimu.

• Buka gas agak sedikit besar, masukkan gigi I, dan tegakkan kembali badanmu. Jangan lupa untuk menarik sekuat mungkin setang motor, sambil memastikan ban bagian depan telah naik. Kalau sudah naik, kamu harus segera memperkecil putaran gas motor.

• Pastikan tubuh dalam posisi yang seimbang, agar kamu tidak mudah jatuh saat melatih teknik ini.

• Tekan rem belakang perlahan, bila kamu hendak menurunkan ban motor depanmu yang sudah terangkat. Setelah itu, naikkan sedikit putaran gas agar bantingan ban depan motor ke aspal tidak terlalu keras.

Burnt-Out

Merupakan teknik freestyle motor yang dilakuin dengan cara memutar belakang hingga ban itu mengeluarkan asap. Untuk ngelakuinnya, kamu harus menekan rem bagian depan, serta memutar gas secara penuh.

Agar teknik ini makin lancar kamu kuasain, kamu mesti ngikutin langkah-langkah berikut.

• Posisikan kedua kaki kamu untuk menyentuh tanah.

• Naikkan gas secara perlahan-lahan. Sambil naikkan gas, kamu mesti pegang rem depan agas motor tidak selip.

• Bila sudah, naikkan gas lebih cepat, hingga ban bagian belakang mengeluarkan asap. Kalau sudah, kamu harus langsung menurunkan gas tersebut.

• Lakukan langkah-langkah di atas secara rutin, agar kamu makin mudah kuasain teknik ini.

Menjadi Freestyle Motor Wanita
Menjadi Freestyle Motor Wanita

Freestyle Motor Wanita Yang Terkenal

Sebelum menutup artikel ini, kami bakal ngasih kamu beberapa nama freestyle motor wanita yang terkenal. Siapa tahu di antara mereka bisa kamu jadiin panutan dalam ber-freestyle ria. Mau tahu siapa saja mereka? Yuk langsung simak aja di bawah sini:

  1. Jessica Maine

Wanita yang akar disapa “smalls” ini udah belajar motor sejak umurnya masih 7 tahun. Dia dikenal di kalangan freestyle berkat gaya Rolling Stopie yang sering dia lakuin. Gaya tersebut merupakan pengembangan dari teknik stopie. Sempat mengalami cedera parah pada 2005, dia kini masih eksis di ranah freestyler motor.

2. Dena Sodano

Cewek satu ini udah ngelakuin freestyle motor sejak usianya masih 17 tahun. Freestyler asal Amerika Serikat ini sedari belia selalu melatih kemampuannya di depan rumahnya sendiri. Selain mengikuti sejumlah ajang freestyle, Sodano juga sering menjadi stuntwoman di berbagai film.

Mulai dari Sin City: A Dame to Kill, hingga The Highwaymen. Bahkan, dia pun juga pernah menjadi stuntwoman di film-film Marvel dan DC. Di Marvel, dia menjadi stuntwoman untuk Scarlett Johansson di dua film terakhir Avanger: yaitu Infinity War dan Endgame.
Sementara di DC, dia menjadi stuntwoman di empat film DC berbeda. Birds of Prey, Doom Patrol, Stargirl, dan Watchmen adalah empat film yang dimaksud.

3. Lina Nadijee Maulany

Kalau yang satu ini adalah freestyle motor wanita asli Indonesia. Bakat freestyle kelahiran Tasikmalaya ini udah keliatan saat dirinya masih kelas 6 SD. Saat itu, dia sering sekali bawa sejumlah motor koleksi ayahnya. FYI, ayah Nadijee sendiri merupakan seorang pemilik showroom motor.

Hampir semua anggota keluarganya setuju agar Nadijee menekuni freestyle motor. Hanya kakeknya saja yang saat itu agak melarangnya. Walau begitu, dia tetap menekuni freestyle motor dan terus rajin berlatih.

Sejumlah teknik freestyle motor dikuasain dengan baik. Mulai dari Stopie dan Wheelie, hingga Stand Up Wheelie yang merupakan pengembangan dari Wheelie.

Walau jago freestyle motor, cewek kelahiran 6 Juli 1998 ini rupanya takut naik motor di jalan raya, lho. Ini dikarenakan sejak kecil dia lebih sering latian di lapang dibanding jalan raya. Jadi, dia nggak biasa dan takut bila harus mengendarai motor di jalanan.

Selain berprestasi di bidang freestyle motor, cewek asli Tasik ini juga ingin sekli menjadi pengacara profesional.

Itu dia tips menjadi freestyle motor wanita Indonesia, serta informasi-informasi lainnya yang nggak kalah menarik. Semoga bisa bermanfaat, terutama untuk kamu yang minat jadi freestyle wanita Indonesia kayak Lina Nadijee.

Kalau kamu punya pertanyaan dan saran, yuk sampein ke kami lewat kolom komentar. Tiap saran dan pertanyaan kamu sangat berarti buat kami. Ditunggu, ya!

Langkah Berlatih Atraksi Motor

Melakukan atraksi motor tidaklah sembarangan. Kamu harus melatihnya terlebih dahulu secara rutin sampe kamu jago ngelakuinnya. Ada beberapa langkah berlatih atraksi motor yang patut kamu tempuh agar kemampuan atraksi motor kamu sempurna.

Sejumlah langkah itu akan kami ulas dan kami kasih buat kamu lewat artikel kali ini. Adapun langkah berlatih atraksi motor yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Pilih Tempat Latihan Yang Tepat

Ngelatih kemampuan atraksi motor nggak bisa di sembarang tempat. Untuk itulah, mencari tempat yang tepat adalah langkah pertama yang harus kamu ambil. Adapun tempat yang cocok banget buat latihan atraksi motor adalah lapangan kosong.

Kenapa? Soalna, lapangan kosong relatif aman dan nggak akan ngeganggu orang lain yang lagi berkendara. Pastikan lapangan kosong yang kamu pakai nggak berlubang atau rusak, agar kamu nggak celaka pas latihan nanti.

2. Pilih Motor Yang Tepat

Selain tempat latihan, motor selaku alat latihan pun harus kamu perhatiin. Pastiin kalo motor yang kamu pakai proper untuk dipakai latihan atraksi motor. Pilihlah motor yang bodinya kurus dan ringan. Terlepas apakah motor tersebut motor bebek ataupun matic.

Motor yang ringan bisa bikin kamu mudah untuk melatih sejumlah manuver atraksi motor. Entah itu wheelie, stopie, ataupun teknik dasar atraksi motor lainnya. Kalau kamu belum pede pakai motor, sepeda pun juga bisa kamu jadikan alat untuk berlatih.

3. Mulai Dengan Gerakan Angka “8”

Jangan langsung melakukan teknik-teknik sulit saat pertama kali latihan. Sebagai gantinya, kamu bisa lakukan latihan sederhana dengan melakukan gerakan angka “8”. Gerakan ini dilakukan dengan cara mengendarai motor bolak-balik hingga membentuk pola angka 8.

Lakukanlah gerakan tersebut dengan kecepatan yang rendah. Kalau dirasa mulai terbiasa dan nyaman, kamu bisa naikkan kecepatan motor sambil melakukan gerakan tersebut. Kalau sudah mahir melakukan gerakan itu, kamu boleh langsung melatih tiga teknik dasar atraksi motor, yaitu:
• Wheelie : teknik mengangkat ban depan motor sambil tetap menjalankan motor itu sendiri.
• Stoppie : teknik mengangkat bagian ban belakang sambil menjalankan dan memutar motor 180 derajat.
• Burn-out : terknik mengerem bagian depan ban motor sambil memutar gas secara penuh, sampai bagian ban belakang mengeluarkan asap.
Untuk langkah-langkah melakukan tiga teknik dasar di atas, kamu bisa baca artikel Freestyle Motor Wanita Indonesia.

Jangan Lupa Memakai Alat-Alat Keselamatan

Selain berkendara di jalan raya, berlatih atraksi motor juga rentan terjadi kecelakaan. Untuk itulah, kamu harus pakai alat-alat keselamatan selama berlatih. Adapun alat-alat yang mesti dipakai adala helm full face, sepatu, dan protektor.

Selain lebih terlindungi, memakai alat-alat keselamatan pun juga membuat kamu berlatih dengan nyaman. Dengan begitu, kamu pun bakal lebih maksimal dalam melatih kemampuanmu beratraksi motor.

Kuasai Motor Yang Kamu Pakai

Salah satu kesulitan dalam latihan atraksi motor adalah penguasaan terhadap motor itu sendiri. seringkali para pemula terbawa oleh motor yang mereka pakai. Sehingga mereka pun kehilangan kendali dan bahkan terjatuh.

Untuk itulah, penguasaan akan pergerakan motor sangatlah penting dilakukan. Caranya, kenali betul setiap gerakan yang dilakukan motor kita. Entah itu saat maju, berbelok, berhenti, ataupun saat gasnya baru dinyalakan.

Langkah Berlatih Atraksi Motor
Langkah Berlatih Atraksi Motor

Motor Yang Cocok Dipakai Atraksi Motor

Kalau skil atraksi motormu sudah jago, kamu harus mulai memiliki motor yang proper. Memiliki motor yang proper bakal membuat atraksi motormu makin maksimal dilakukin. Ada empat rekomendasi motor yang bisa kamu pakai atraksi. Empat motor itu adalah:

Yamaha Xabre

Ini adalah motor yang sering dipakai oleh freestyler motor kondang, Wawan Tembong. Menurut dia, Yamaha Sabre sangat menunjang untuk dipakai atraksi motor. Motor keluaran Yamaha ini mempunyai Alumunium Rear Arm yang ringan namun berbobot. Kehadiran fitur itu membuat motor ini sangat stabil saat dipakai atraksi.

Selain cocok dipakai atraksi, motor ini juga cocok kamu pakai buat touring. Ini nggak lepas dari banyaknya fitur penunjang untuk melakukan hal itu. Mulai dari 6 speed engine, hingga mesin 4 langkah yang dilengkapi pendingin cairan.

Kawasaki KLX 150

Kalau kamu mau coba atraksi pakai motor trail, motor ini amat kami rekomendasikan. Selain harganya murah, motor ini punya banyak fitur penunjang yang buat ia bisa dipakai atraksi. Adapun fitur-fitur itu adalah:
• Suspensi Up Side Down yang membuat motor ini stabil dan nyaman saat dikemudikan.
• Ban belakang yang bertenaga besar, sehingga amat memudahkan kita dalam melakukan beberapa teknik atraksi motor. Tenaga tersebut tak lepas dari adanya mesin berteknologi SOHC 2-valves pada motor satu ini.

Nggak cuma dipakai atraksi, motor ini juga enak banget dipakai offroad. Ini tentu berkat adanya fitur-fitur yang udah kita sebutin di atas.

Honda Beat

Atraksi motor nggak harus pakai motor gede ataupun motor trail. Motor matic standar pun juga bisa kamu pakai. Salah satu di antaranya adalah Honda Beat. Motor ini punya bodi yang nggak terlalu gede sehingga enak banget buat dipakai atraksi.
Honda Beat juga punya beberapa fitur yang bikin dia cocok dipakai atraksi. Fitur-fitur itu adalah:
• Teknologi Alternating Current Generator (ACG) starter yang mampu meminimalisasi suara kasar pada mesin. Dengan diminimalisasinya suara mesin motor, kamu pun jadi lebih tenang saat pertama kali nyalain ini motor.
• Pengereman yang sudah tersistem CBS yang bikin kamu nyaman saat hendak bermanuver dengan rem motor.

Agar performanya yahud saat atraksi, kamu bisa melakukan modifikasi ringan pada motor ini. Dan bila mau memodifikasi ini motor, pastikan jangan modifikasi bagian mesinnya. Hal ini dikarenakan mesin motor ini sangat orisinil dan sangat kuat dipakai atraksi.

Adapun bagian yang bisa kamu modifikasi adalah knalpotnya. Kamu bisa mengganti knalpotnya dengan knalpot aftermarket.

Yamaha Mio S

Ini adalah motor matic lainnya yang bisa kamu pakai atraksi. Seperti hanya Beat, motor ini punya bodi yang nggak terlalu gede. Cocok banget dipakai buat atraksi motor. Varian Yamaha Mio ini juga murah harganya, sehingga nggak bakal bikin kantongmu meringis.

Kelebihan motor ini adalah joknya yang cukup tinggi. Kelebihan itu membuat kamu nggak kagok saat melakukan atraksi dengan motor ini. Yamaha Mio S juga cocok dipakai buat sehari-hari. Terutama, bila kamu harus bepergian di waktu malam. Ini nggak lepas dari lampu motornya yang udah dipasang LED, sehingga kamu pun bisa ngeliat jalan di gelapnya malam hari.

Sama seperti motor sebelumnya, kamu pun bisa memodifikasi ringan motor ini, terutama di bagian knalpotnya.

Itulah informasi soal tips berlatih atraksi motor, serta informasi lainnya yang nggak kalah menarik. Semoga bisa menambah wawasanmu, terutama saat melatih skil kamu dalam atraksi motor.

Sehabis baca artikel ini, kamu jangan tinggalin artikel ini begitu saja. Cobalah untuk memberi kritik, saran, atau pertanyaan tentang apapun, terutama soal atraksi motor. Kami tunggu, ya!

Demi Keselamatan, Kalian Bisa Lakukan Cara Pilih Ban Motor Saat Musim Hujan

Racing King – Buat kalian yang selalu mengandalkan motor untuk berbagai ‘aktifitas mobile’ sehari-hari, mungkin sangat direpotkan ketika musim hujan. Cara pilih ban motor saat musim hujan juga menjadi sangat penting. Tidak hanya kerepotan ketika harus menempuh hujan dengan menggunakan jas hujan tapi juga dituntut untuk terus waspada saat motor harus melaju saat hujan turun deras disertai dengan jalanan yang licin.

Ban motor adalah salah satu komponen motor yang wajib kalian perhatikan. Mengapa? Karena ban motor akan berhubungan langsung dengan jalanan beraspal yang licin saat terkena hujan. Kalian harus benar-benar perhatikan kondisi ban motor. Jangan sampai mengabaikan begitu saja keadaan ban motor sama seperti saat musim kemarau.

Cara Pilih Ban Motor Saat Hujan

Memilih ban motor yang sesuai dengan strandar keselamatan saat hujan penting untuk dilakukan. Jika tidak ingin terjadi hal yang membahayakan, beginilah cara pilih ban motor saat hujan:

  1. Pilih Ban Yang Memiliki Banyak Alur
    Jika ban motor kalian masih menggunakan asli pabrikan, sebenarnya tidak masalah. Karena pabrikan sudah pasti menggunakan ban yang memang dirancang untuk kondisi apapun. Baik untuk jalanan basah maupun kering. Namun tidak ada salahnya kalian sebagai pemilik motor juga harus memperhatikan keadaan ban untuk mempersiapkan beraktifitas dengan mengendarai motor di waktu hujan.
    Agar tidak terjadi slip ban saat berkendara, pilihlah ban yang mempunyai banyak alur. Dengan ban yang mempunyai motif banyak alur, air hujan akan mudah melewati sela-sela alur ban sehingga grip ke aspal akan tetap terjaga dengan baik dan menghindarkan slip bam saat melaju di jalan raya.
  2. Hindari Menggunakan Ban Semi Slick
    Cara pilih ban motor saat hujan selanjutnya adalah hindari penggunaan ban semi slick. Kalian tahu kenapa sebabnya? Penggunaan ban semi slick sebenarnya memberikan maksud agar memberikan grip yang lebih baik pada jalanan yang kering. Namun ketika memasuki musim hujan, jalanan akan lebih cenderung sering basah karena hujan. Bahkan terkadang kalian harus terpaksa melewati jalanan yang bolong-bolong bahkan banjir.
    Dengan menghindari bam semi slick pada saat musim hujan, membuat air bisa terhempas dengan baik karena terganggu dengan lapisan tipis air (aquaplaning) pada ban. Kalian boleh kembali menggunakan ban semi slick ketika sudah memasuki musim kemarau atau ketika kalian mengikuti kompetisi balap motor di sirkuit.
  3. Tetap Jaga Kecepatan Saat Berkendara
    Jika kalian hobi sekali ngebut di jalanan, sebaiknya hindari jika jalanan sedang basah atau berkendara saat hujan. Ngebut di jalan basah hanya akan membuat kekuatan grip pada jalanan cenderung menurun. Alhasil, dengan kecepatan tinggi akan sulit mengontrol laju kendaraan hingga membuat keadaan lebih fatal. Seperti terjadi kecelakaan karena slip pada ban.
  4. Usahakan Menggunakan Ban Dengan Ukuran Yang Sesuai
    Boleh-boleh saja memodifikasi motor sesuai selera. Terutama pada modifikasi ban motor dengan menggunakan ban yang lebih kecil maupun yang lebih besar. Namun selalu ingat! Bahwa tidak selamanya modifikasi sesuai dengan segala keadaan. Seperti keadaan saat jalanan sedang basah atau hujan.
    Penggunaan ban motor harus disesuaikan dengan body motor. Jangan menggunakan ban yang terlalu kecil karena tidak akan kuat menopang body motor. Jika kalian paksakan menggunakan ban motor yang terlalu kecil, motor akan lebih rentan tergelincir. Jangan pula menggunakan ban yang terlalu besar karena akan menyulitkan motor untuk bergerak. Gunakanlah ban motor yang sesuai dengan standar pabrikan.
  5. Gunakan Tekanan Angin Yang Tepat
    Selain melihat keadaan fisik ban, cara memilih ban motor saat hujan selanjutnya adalah dengan memperhatikan tekanan angin yang tepat. Jangan menggunakan tekanan angin yang terlalu banyak jika tidak ingin motor kalian kehilangan daya cakramnya. Sehingga akan mengakibatkan hal yang fatal saat harus melakukan rem dadakan.
    Jangan pula menggunakan angin yang terlalu sedikit untuk menghindari ban cepat botak karena ban lebih banyak menekan jalanan. Sesuaikan saja besar kecilnya tekanan angin pada ban agar lebih enak untuk dikendarai.
    Nah, itu beberapa hal yang mesti kalian perhatikan mengenai ban motor saat musim hujan. Sekalipun hanya terihat sederhana, jangan sekali-kali menyepelekannya agar kalian tetap aman dalam berkendara. Terlebih lagi jika ban motor kalian sudah gundul.
Cara Pilih Ban Motor Saat Musim Hujan Tiba
Cara Pilih Ban Motor Saat Musim Hujan Tiba

Tips Agar Ban Motor Tidak Cepat Gundul

Agar motor kalian tidak cepat gundul, sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini:

  1. Rajin Bersihkan Ban Motor
    Agar ban motor saat musim hujan tidak cepat gundul, rajin-rajinlah untuk membersihkan ban setelah digunakan berkendara dalam jangka waktu yang cukup lama. Bersihkan ban motor dengan menggunakan air dan sabun khusus motor. Jangan menggunakan sabun colek.
    Bersihkan ban motor dari kerikil atau lumpur yang menempel. Jika dibiarkan menempel, lumpur dan kerikil yang berada di lapisan ban akan membuat ban cepat retak dan rusak.
  2. Jangan Sering Memberikan Beban Berat
    Setiap ban motor mempunyai batas maksimum mengangkat beban. Jangan biarkan motor kalian mengangkat beban lebih dari batas maksimum kemampuannya. Karena jika sering mengangkat beban lebih dari batas kemampuannya, ban akan lebih cepat aus dan gundul. Hal ini disebabkan karena ban cenderung lebih banyak bergesekan dengan aspal jalanan. Jika hal ini terus menerus dilakukan, maka kebotakan ban sulit untuk dihindari.
  3. Jangan Parkir Motor Dengan Standar Samping
    Kebiasaan memarkir motor dengan standar samping memang terlihat sepele. Namun ternyata jika ini dilakukan secara terus menerus akan membuat ban bagian kiri lebih cepat aus karena beban motor akan menekan ban bagian kiri saja. Tak hanya ban bagian sisi kiri saja. Shockbreaker juga akan cenderung condong ke kiri dan ikut serta mendorong ban bagian kiri.
  4. Berkendaralah Dengan Cara Yang Benar
    Jika ingin ban motor kalian lebih awet dan tidak cepat gundul pada saat musim hujan, maka berkendaralah dengan sebaik mungkin. Jangan mengendarai motor dengan mengebut atau bahkan ugal-ugalan. Jika kalian sering mengebut, maka kalian juga akan lebih sering melakukan pengereman mendadak. Sering melakukan rem mendadak juga akan mempercepat penggundulan ban dan keausan ban.

Hindari juga berkendara dengan cara menikung tajam. Penikungan tajam pada saat berkendara akan membuat gesekan ban pada aspal jalan lebih banyak sehingga akan membuat ban lebih cepat gundul dan aus.

Itulah 4 hal yang wajib kalian lakukan jika ingin ban motor saat musim hujan lebih awet dan tidak cepat gundul. Jika kalian sudah menemukan ban yang telah gundul, sebaiknya segeralah untuk mengganti dengan yang lebih baik agar keselamatan saat berkendara lebih terjaga.

Ketika kalian menggunakan motor lebih sering atau setiap hari, penggantian ban motor juga diperlukan lebih sering dan lebih cepat dibandingkan mereka yang menggunakan motor hanya sesekali saja. Minimal penggantian ban dilakukan setahun sekali agar performa motor lebih terjaga.

Kalian masih punya info lain? Kalian tuliskan saja pada kolom komentar di bawah ini ya.

5 Merk Helm Full Face Paling Kece Di Indonesia

Racing King – Hai, para Pecinta Motor. Kali ini kita akan mengulas tentang merk helm full face terbaik di Indonesia. Mungkin semua udah pada kenal dengan helm yang melindungi kita dari segala macam bahaya di jalanan, benar tidak?

Pastinya bingungkan memilih helm full face yang aman dan nyaman digunakan? Banyak merk helm full face yang berseliweran di iklan-iklan. Ketika masuk ke toko otomotif pun, pasti terbersit keraguan, jangan-jangan abang penjualnya lagi promosi, nih! Padahal belum tentu yang ditawarkan abang tersebut adalah pilihan terbaik.

Nah! Buat Kamu yang tengah galau untuk memilih helm, wajib baca artikel ini sampai habis ya. Kita akan bahas satu-persatu rekomendasinya sampai tuntas.

  1. KYT
    Standar
    Tidak ada alasan untuk menolak helm full face KYT. Standar helm ini sudah kelas dunia atau setara buatan luar negeri. Padahal helm KYT adalah buatan dalam negeri kita tercinta. Bayangkan bagaimana bangganya kita melihat helm KYT mampu disandingkan dengan jajaran helm buatan luar negeri seperti Lazer dan kawan-kawannya. Bahkan helm KYT sudah digunakan juga sebagai sponsor pembalap profesional. Tidak mungkin helm tersebut lulus uji jika memang tidak termasuk helm terbaik. Akibatnya akan bisa fatal karena bisa mencelakakan pembalap.
    Harga
    Untuk masalah harga, tidak usah khawatir kantong bakal jebol. Harga Helm KYT full face berkisar di bawah satu jutaan. Ada juga yang di atas angka satu juta, khusus untuk helm-helm premium. Tapi dengan harga yang tidak mencapai segepok uang bergambar sang proklamator Indonesia, salah satu merk helm full face terbaik sudah bisa kita bawa pulang. Tidak perlu membeli barang impor, sebab karya anak bangsa sudah cukup memberikan rasa puas.
    Desain
    Siapa yang setuju jika memakai helm bisa mengurangi rupawan seseorang? Salah satu alasan malas memakai helm adalah tidak terlihat ganteng atau cantik. Padahal nyawa lebih penting daripada nilai fisik tersebut. Tapi sekarang tidak perlu khawatir, Helm KYT memiliki desain yang beragam. Pilihan warnanya juga membuat siapapun akan jatuh cinta. Semuanya keren! Tinggal pilih mana yang kita suka. Selain itu, helm full face KYT sudah dilengkapi fitur double visor, removable line, lubang kunci anti maling dan keunggulan lainnya.
  2. INK
    Standar
    Helm yang diproduksi oleh PT. Tarakusuma Indah (perusahaan yang juga memproduksi KYT) ini sudah memiliki logo SNI. Merk helm ini terus melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan produk. Pemilihan bahan produksi dilakukan semaksimal mungkin. Jadi tidak usah ragu untuk menentukan pilihan pada yang satu ini. Helm merk INK adalah salah satu helm yang paling banyak dipilih oleh para pecinta motor.
    Harga
    Varian helm full face INK memberikan harga yang masuk pada kategori menengah ke atas, di atas lima ratus ribuan. Tidak akan rugi jika merogoh kocek lebih dalam, akan terasa impas saat memakainya. Kualitas yang diperoleh sama dengan merk helm full face terbaik lainnya.
    Desain
    Selain digunakan sebagai full face, INK juga dapat digunakan sebagai helm half face. Kita tinggal mengaturnya saja pada tuas yang tersedia di samping, maka akan terjadi keajaiban. Sangat hemat bukan untuk tidak membeli dua buah helm sekaligus? Desain pada helm full face INK juga mampu membuat kita menelan air liur. Perpaduan warna dan motifnya sungguh menarik perhatian, tapi tidak terkesan norak. Helm full face seperti ini yang diincar oleh kaum muda. Sepeda motor keren saja tidak cukup, mesti dibarengi dengan merk helm full face yang terbaik.
  3. NHK
    Standar
    NHK adalah merk helm buatan PT. Danapersadaraya Motor Industri (PT. DMI). Melalui nama perusahaan tersebut, berarti helm NHK adalah salah satu produk lokal negeri tercinta kita. Helm ini sudah berstandar nasional dan selalu mengutamakan kenyamanan dan perlindungan. Produksi helm sudah dengan pilihan material terbaik. Lolos uji standar SNI dan DOT (Department of Transportation atau standar departemen transportasi Amerika Serikat) menjadikan NHK sebagai salah satu merk helm terbaik di Indonesia.
    Harga
    Rata-rata harga helm full face merk NHK adalah sekitar empat ratus ribuan. Cukup murah untuk keamanan yang diperoleh. Sedangkan untuk tipe yang termahal, NHK menawarkan harga sekitar enam ratus ribuan.
    Desain
    Batok helm terbuat dari bahan plastik ABS, kevlar, fiberglass atau serat karbon. Terdapat terowongan angin dalam fitur ventilasi udara yang bekerja secara maksimal. Sedangkan visor helm sudah serupa dengan standar Internasional. Pengguna helm ini dapat memandang ke segala arah secara maksimal. Bagian dalam helm sudah dapat dilepas dan dicuci sehingga mencegah munculnya koloni bakteri di sana. Tidak lucu bukan jika helm sudah keren tapi aromanya sungguh menyengat hidung?
  4. Zeus
    Standar
    Zeus sudah mengantongi beberapa standar sebagai helm terbaik, di antaranya adalah SNI, ECE 22-05, DOT, AS dan CNS. Bahan yang digunakan dalam proses produksi adalah plastik. Bahan tersebut berperan sebagai dasar helm. Walaupun terbuat dari bahan yang ringan, jangan remehkan kekuatannya pada benturan. Untuk itu, Zeus masuk dalam kategori kualitas tinggi. Berangkat dari kualitas tersebut Zeus telah mampu bersaing di pasar Eropa yang kita ketahui cukup sulit. Sebuah bukti bahwa perusahaan asal Taiwan tersebut sudah menunjukkan taringnya pada dunia otomotif.
    Harga
    Berhubung Zeus bukan helm made in Indonesia, tentu saja kita dapat menebak harganya. Ya, harga helm Zeus masuk dalam kategori menengah ke atas. Rata-rata helm Zeus full face dibandrol dengan harga di atas setengah juta rupiah. Tapi, harga tersebut masih sepadan dengan gelar merk helm terbaik di Indonesia. Jika sudah jatuh cinta, siapa enggan menolak? Yakin saja, pasti ada yang rela mengirit beberapa waktu demi helm yang satu ini.
    Desain
    Zeus menawarkan berbagai pilihan warna yang cukup keren. Tinggal sesuaikan saja dengan sepeda motor masing-masing. Perpaduan warna yang pas tentunya akan disukai oleh para pengendara. Helm full face Zeus dilengkapi dengan double visor. Selain itu, bagian dalam helm dipasang busa nan lembut, membuat pipi terasa nyaman. Ventilasi udaranya juga cukup baik, tidak membuat kita sesak napas karena mencium bau helm yang tidak dicuci bertahun-tahun. Tapi tenang saja, busa pada helm Zeus dapat dilepas sehingga memudahkan proses pencucian.
  5. Bogo
    Standar
    Siapa yang tidak kenal dengan Bogo? Semua pasti sudah pernah melihat helm yang satu ini. Entah di jalanan dekat pasar, kampus, atau tempat nongkrong anak muda. Bogo sangat mudah dikenali karena muncul seperti wabah. Helm yang menjadi tren mode ini adalah hasil karya anak Indonesia juga. Sudah berstatus SNI pula. Siapa coba yang tidak tertarik mengangkut satu dan memamerkan pada teman-teman?
    Harga
    Ukuran harganya sangat ramah di kantong kita. Kepada orang yang ingin bergaya tapi memiliki dana terbatas, disarankan untuk memilih helm bogo. Tiga lembar uang seratus ribuan saja, kita sudah memiliki salah satu helm yang bagus ini.
    Desain
    Helm bogo memiliki ciri khas pada desainnya. Sangat banyak desain yang membuat kita terpesona. Pandangan pada seisi ruangan yang dipenuhi helm bogo rasanya sulit sekali menjatuhkan pilihan. Hampir semua jenis warna ada. Pengendara perempuan pun tidak malu-malu lagi untuk memakai helm full face yang cukup besar, karena dari kejauhan akan tampak seperti seorang lelaki. Bogo juga tidak berat untuk dikenakan perempuan. Karena cenderung ringan namun tetap aman, helm ini lebih sering digunakan untuk berkendara dalam keadaan santai. Beberapa poin tersebut menjadi alasan bogo menjadi salah satu merk helm full face terbaik di Indonesia.
Merk Helm Full Face Paling Kece Di Indonesia

Setelah membaca ulasan di atasan, Kamu sudah menentukan pilihan bukan? Jangan sampai salah pilih, ya. Karena Kamu berhak untuk tahu dan tidak ada yang bisa melarang Kamu untuk menentukan merk helm full face terbaik!

Kenalan Sama Aneka Motor Yang Unik

Racing King – Kamu penggemar otomotif khususnya motor? Pasti akan mengenal aneka macam motor mulai dari motor biasa, motor listrik sampai dengan aneka motor unik. Bagi yang suka sesuatu di luar mainstream pasti akan menyukai beberapa jenis motor yang akan dipaparkan berikut. Tetapi sebelumnya akan kita bahas terlebih dahulu mengenai jenis-jenis motor.

  1. Motor Biasa/Manual
    Motor biasa merupakan motor yang biasa digunakan untuk transportasi. Tenaga pengandalinya menggunakan teknik mekanik yaitu dengan adanya kopling, rem dan juga starter kaki yang kadang bisa dilengkapi dengan starter otomatis. Sepeda motor ini pada tahun 1980-an asih menggunakan sistem dua tak yang selanjutnya di sekitar tahun 2000-an sudah beralih dengan sistem 4 tak. Laju kendaraan bisa disetel menggunakan teknik kopling. Kopling ada yang dikendalikan pada tangan seperti pada motor pria, atau motor besar. Dan kopling pada kaki kanan seperti motor bebek. Bahan bakar menggunakan BBM.
  2. Motor Matic
    Pada prinsipnya, motor matic seperti motor biasa, tetapi pengendalian laju sudah menggunakan sistem otomatis atau matic tidak lagi dikendalikan dengan perpindahan gigi roda (kopling). Motor matic serba otomatis tanpa harus terjadi perpindahan kecepatan secara manual tetapi langsung melaju mengikuti kecepatan kendali mesin (gas). Motor matic tidak bisa digunakan untuk balap. Pada umumnya memiliki roda relatif kecil diameternya dan bentuk menyerupai scooter. Bahan bakar berupa BBM.
  3. Motor Listrik
    Motor listrik merupakan motor yang tidak lagi menggunakan BBM. Penggerak motor berupa dinamo atau listrik yang dialirkan melalui alat beupa baterai. Motor listrik mulai populer pada sekitar akhir dekade 2010-an.
    Sekarang beralih ke motor yang unik. Seperti apa sih motor unik tersebut. Yuk kita kepoin bersama.
  4. Orphiro
    Orphiro merupakan salah satu bentuk motor yang unik. Motor ini digerakkan oleh tenaga listrik atau apa yang disebut sebagai motor listrik. Motor buatan belanda ini mempunyai tubuh motor yang lebar. Lahir di tahun 2011. Kemampuan laju motor hingga jarak 100 km. Memang kendaraan ini dirancang bukan untuk transportasi jarak jauh.
    Kecepatan maksimumnya adalah 120 km/jam. Orphiro dijual dengan harga bandrol Rp 592 juta. Sebuah harga fantastis untuk sebuah sepeda motor bahkan melebihi harga mobil niaga. Bagi kamu yang menyukai bentuk uniknya tentu bukan untuk melaju ke luar kota hingga jarak ber mil-mil. Motor yang unik ini sudah masuk pula ke pasar otomotif di Indonesia. Motor keren dan lucu ini didesain oleh Philippe Starck. Karena konsepnya retro, orphiro sering diidentikkan dengan gaya motor kuno. Bagi yang gemar otomotif lawas pasti deh melirik si body lebar ini. Meskipun body lebar, tapi tetap nyaman dikendarai loh, guys.
  5. Johammer
    Satu lagi motor yang unik asal Austria. Namanya juga unik, Johammer. Bodynya benar-benar unik. Sepintas seperti serangga yang aneh dengan badan lebar ke bawah, kemudian roda depan lebih besar dari pada roda belakang. Kedua spions mengesankan antena pada serangga. Jika mengendarai rasanya seperti sedang berada di film futuristik. Tapi yang perlu kalian ketahui, motor unik ini memiliki kemampuan canggih.
    Motor listrik berkemampuan energi 11 kw ini dapat dipacu hingga mencapai jarak 150-200 km. Lebih istimewa lagi, motor yang nampak besar ini ternyata tidaklah seberat kenampakannya, bobot hanya mencapai 178 kg. Adapun kecepatan maksimum adalah 120 km/jam. Charging baterai untuk capaian 80% pengisian adalah sekitar 2,5 jam. Adapun kapasitas motor 1,455 cc. Keunikan lainnya ialah motor memiliki double steering tangan.
  6. Motor Bambu
    Kalian pasti akan bertanya-tanya jika mendengar motor bambu. Bahkan beberapa mengira motor yang unik ini sebagai motor mainan. Belum terbayang, bukan? Sebuah motor keluaran pabrik Filipina yang juga merupakan motor listrik ini memang terbuat dati bambu. Lalu bagaimana bambu dijadikan motor? The Banatti Green Falcon, nama proyek pembuatan motor ini menyampaikan bahwa motor dibuat dalam rangka kampanye ramah lingkungan.
    Sang desainer Christopher Paris Lacson memang sengaja membuat sensasi dengan menghadirkan motor keren ini. Bambu dipasangkan pada body motor yang meliuk. Sepintas seperti terbuat dari kayu pohon. Kekuatan listrik motor ini adalah 3,3 watt (4,4 hp). Baterai lithium dengan kekuatan 48 volt. Adapun kecepatan yang bisa ditempuh 110 km/jam. Pada kondisi normal pada umumnya motor yang unik ini dipacu dalam kecepatan 60 km/jam. Adapun motor dapat melalui sebuah tanjakan, sedikit berbeda dengan motor listrik lain yang kurang kuat menanjak. Keunggulan lain dari motor ini, dilengkapi dengan sound system JBL yang mungil sehingga kalian bisa bermusik di jalan. Adapun sadel dilengkapi dengan kulit dan pelana.
  7. Pocket Rocket Sol Motor
    Bicara tentang sepeda motor yang unik, kalian harus mengenal sepeda motor listrik buatan Jerman ini. Karena desainnya yang super unik, motor ini memperoleh penghargaan berupa German Design Award. Adapun desainer Manuel Messmer merancang motor ini dalam ukuran berat yang ringan. Pocket Rocket sebelumnya dikenal memproduksi sepeda lipat elektrik. Kini dengan hadirnya sol motor memperkuat branding dati pocket rocket.
    Untuk kecepatan laju sepeda motor listrik ini memang tidak sekencang beberapa tipe sebelumnya. Sol motor hanya mampu dipacu maksimal pada kecepatan 50-80 km/jam. Sementara daya listrik sebesar 4kw (5,4 hp). Keunikan bentuk terlihat pada sadel yang menyerupai tabung. Sepintas terkesan sederhana namun ketika dikendarai, motor unik ini begitu nyaman sehingga cukup banyak penggemarnya.
  8. The Commuter
    Motor unik yang satu ini dikeluarkan oleh seorang perancang otomotif ternana, Erik Buell. Berkolaborasi dengan dua orang sahabatnya, Frederic dan Terry, Erik mendesain sebuah motor unik. Moror listrik yang dibeti nama The Commuter ini memiliki warna yang benar-benar mampu membuat mata yang melihat menatap dan terkesiap, yaitu oranye. Adapun jarak tempuh yang bisa dicapai The Commuter adalah 150 km.
  9. Cake Kalk
    Dari namanya kalian pasti tidak menyangka, ini nama sebuah motor. Yang ada di dalam benak adalah sebuah kue lezat dengan irisan cokelat batangan yang renyah. Wow bikin lidah bergoyang. Namun jangan salah, sama-sama asyik buat dinikmati, cake kalk ini bukan makanan melainkan sebuah motor yang unik. Seperti motor bambu, cake kalk didesain ramah lingkungan.
    Motor keluaran dari negara Swedia ini meskipun nampak begitu kokoh tetapi bobotnya cukup ringan. Yang paling asyik adalah bagi kalian yang terkadang kurang berhati-hati, mengendarai cake kalk tidak perlu terlalu khawatir karena produk motor listrik ini anti gores, tapi ya sayang kan kalau yang tergores tubuh kalian. Jadi tetaplah berhati-hati ketika mengendarai.
    Kemampuan jarak yang bisa ditempuh adalah 80 km. Motor unik ini sepintas menyerupai sepeda listrik. Yang istimewa dari cake kalk adalah kecepatannya yang konstan di segala medan. Kemampuan untuk melewati medan berat memang masih dalam pantauan, tetapi di perkotaan kalian bisa melenggang dengan asyik dan gaya. Hanya saja harganya masih cukup mahal yaitu 13.800 dollar Amerika atau sekitar 150 juta rupiah.
Aneka Motor Unik Yang Harus Kamu Tahu
Aneka Motor Unik Yang Harus Kamu Tahu

Demikian ulasan mengenai aneka motor unik yang bisa menambah wawasan buat kamu yang gemar berkendara. Semoga bermanfaat ya.

Jangan Asal! Ini 10 Aksesoris Motor Yang Dilarang Polisi

Racing King – Bagi kalian yang mempunyai jiwa kreatifitas dalam hal otomotif, tentu mengendarai motor standar pabrikan akan terasa kurang nyaman. Perlu ada beberapa modifikasi atau penambahan Aksesoris motor agar terlihat lebih keren dan sesuai dengan karakter yang kalian punyai.

Memang tidak adalah salahnya membuat motor terlihat lebih keren dengan cara memodifikasi. Namun nyatanya tidak semua jenis modifikasi diperbolehkan oleh undang-undang lalu lintas. Polisi lalu lintas akan menetapkan tilang bagi kalian yang memodifikasi motor tidak sesuai standar.

Ini Dia Aksesoris Motor Yang Dilarang Polisi

10 Aksesoris Motor Yang Dilarang Polisi
10 Aksesoris Motor Yang Dilarang Polisi

Nah, karena tidak semua aksesoris motor diperbolehkan untuk dipasang sebagai bentuk modifikasi, maka hindari penggunaan berbagai aksesoris berikut ini.

  1. Perubahan Pada Rangka
    Mungkin salah satu maksud kalian merubah rangka adalah agar rangka pada motor terlihat lain daripada yang lain. Atau bisa jadi ingin memiliki motor dengan rangka yang sesuai karakter kalian. Masalahnya, mengubah rangka motor adalah salah satu jenis modifikasi motor yang tidak diperbolehkan oleh undang-undang lalu lintas.
    Mungkin kalian akan bertanya. Mengapa mengubah rangka melanggar undang-undang lalu lintas? Karena nomor seri rangka merupakan sebuah syarat administrasi pada kendaraan. Maka jangan salahkan polisi lalu lintas jika motor kalian akan diangkut saat ketahuan merubah rangkanya.
  2. Merubah Plat Nomor Kendaraan
    Mungkin salah satu impian kalian adalah mempunyai plat nomor motor sesuai dengan nama atau tanggal lahir biar terlihat lebih keren. Namun sayangnya, mengubah plat nomor kendaraan termasuk salah satu pelanggaran undang-undang lalu lintas. Boleh saja kalau kalian hanya sebatas merapikan huruf ataupun angka. Atau menambahkan sedikit pernak pernik seperti lampu. Itu masih bisa ditolelir dan tidak melanggar undang-undang. Tapi kalau kalian sudah nekat untuk menghilangkan cap kepolisian, cara pemasangan, warna, bahan, ukuran, serta bentuknya. Itu berarti kalian memang sengaja untuk kena tilang pak polisi lalu lintas.
  3. Merubah Wana Motor
    Merasa bosan dengan warna motor? Mudah saja solusinya. Ganti motor atau belo motor baru. Jangan sampai kalian merubah warna motor? Sebab tau kenapa? Karena merubah warna motor merupakan merubah aksesoris motor yang dilarang polisi.
    Sudah jelas tertulis warna motor pada STNK. Jika kalian masih nekat mengecat warna motor dari warna merah ke warna hijau, jelas saja itu namanya nantang pak polisi.
  4. Mengubah Dimensi Motor
    Mengapa mengubah dimensi motor seperti seperti volume, panjang dan lebarnya dilarang dalam undang-undang? Karena dimensi motor sudah didesain dari pabrikan sedemikian rupa agar aman dikendarai di jalan raya. Mengubah dimensi kendaraan tanpa persetujuan pihak yang berwajib akan berbahaya bagi kalian sendiri sebagai pengendara maupun pengguna jalan lain. Boleh-boleh saja kalian mengubah dimensi motor. Asalkan setelah dimodifikasi segera dilakukan uji kelayakan oleh instansi terkait.
  5. Mengubah Kapasitas Mesin
    Merupakan hal yang paling favorit bagi penyuka motor modifikasi. Dengan mengubah kapasitas mesin kalian pasti berharap mendapatkan performa kecepatan yang lebih kencang. Tapi apakah kalian tau, sobat? Bahwa kapasitas mesin sudah ditentukan sesuai standar dari pabrikan.
    Mengapa sesuai standar? Karena motor yang kalian punya sudah didesain untuk melaju di jalan raya dimana banyak pengguna jalan lainnya. Jalan raya bukan sirkuit yang bisa kalian gunakan untuk balapan motor. Jadi, jika kalian masih nekat untuk mengubah kapasitas mesin, harus lulus uji kelayakan instansi yang berwajib.
  6. Memakai Ban Gundul
    Kalian mungkin akan bertanya. Mengapa ban gundul termasuk aksesoris motor yang dilarang polisi? Alasannya jelas sekali. Jika ban gundul, terlebih lagi saat musim hujan dan jalan lebih sering basah, akan mudah sekali terjadi slip yang akan mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Dan kecelakaan ini tidak akan berimbas pada kalian pengguna ban gundul saja. Bisa saja akan berimbas pada pengendara yang lain. Maka jangan heran jika banyak pengguna ban gundul kena tilang sama pak polisi di jalan.
  7. Mengganti Knalpot
    Bisa membayangkan jika mengganti knalpot diperbolehkan dalam undang-undang? Bisa-bisa setiap hari serasa kampanye pemilu. Bagaimana tidak? Jika setiap pengguna dan pemilik kendaraan mengganti knalpotnya? Bisa-bisa kualitas pendengaran kalian akan menurun drastis karena polusi suara.
    Menggunakan knalpot yang bukan asli pabrikan juga akan mengganggu kualitas udara. Karena tidak semua knalpot pengganti sebaik knalpot dari pabrikan dalam hal menyaring gas pembuangan pembakaran. Jadi, daripada menyebabkan polusi udara dan polusi suara di jalanan, sebaiknya gunakanlah knalpot standar bawaan pabrikan.
  8. Mengubah Suara Klakson
    Pernah kalian lagi enak-enak naik motor diklakson dengan suara guedhe banget. Pas nengok ternyata yang lewat hanya motor matic kecil saja. Padahal sudah deg-degan berasa mau di serudug truck tronton.
    Sama seperti mengganti knalpot. Mengganti suara klakson juga termasuk mengganti aksesoris motor yang dilarang polisi. Alasannya juga sama. Karena klakson asli pabrikan sudah sesuai dengan standar keamanan berkendara di jalan raya. Jika kalian masih ingin tetap mengganti suara klakson, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan pihak yang berwajib. Jangan sampai sudah mahal-mahal biaya penggantian klakson, ternyata tetap saja ditilang pak polisi.
  9. Mengganti Lampu Utama
    Mungkin kalian pernah merasa terganggu dengan pengendara motor lain di jalan yang mengganti lampu utama dengan lampu sorot dengan daya pancar tinggi. Alasannya sederhana. Karena akan menyebabkan mata silau.
    Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa mengganti lampu utama motor dengan daya sorot yang tinggi melanggar undang-undang. Akan membuat pengendara lain terganggu dengan silaunya lampu utama motor kalian. Bahkan tidak hanya mengganggu. Lebih dari itu. Bisa menyebabkan kecelakaan di jalan raya.
  10. Mengurangi Atau Bahkan Menghilangkan Alat Keselamatan
    Setiap motor buatan pabrikan pasti dilengkapi dengan alat keselamatan. Alat keselamatan ini dibuat dengan tujuan memberikan keselamatan baik bagi pengguna motor sendiri maupun pengguna jalan yang lain.
    Beberapa jenis alat keselamatan antara lain lampu utama, alat pemantul cahaya, kaca spion, lampu rem dan lampu sein. Jika kalian masih saja ngeyel menghilangkan berbagai alat keselamatan di atas, sebaiknya kalian jadikan saja motor tersebut sebagai pajangan di rumah. Kenapa? Agar tidak membahayakan diri sendiri dan pengendara lain di jalan raya.

Sekali lagi, sah-sah saja mengekspresikan seni dengan modifikasi motor. Namun yang perlu diingat adalah tetap menjaga agar berbagai bagian fungsi motor sejalan dengan fungsinya. Jangan sampai kalian melakukan modifikasi motor dengan taruhan terjadi kecelakaan di jalan.

Maksud polisi melakukan tilang bagi kendaraan yang tidak mematuhi tata tertib ya begitu. Agar tidak ada pengguna jalan yang melakukan pelanggaran lalu lintas sehingga menyebabkan kecelakaan yang merugikan diri sendiri maupun pengguna jalan yang lain.

Nah, bagaimana? Masih ada penggantian jenis aksesoris motor yang dilarang polisi selain 10 hal di atas? Kalau masih ada, kalian bisa tulis pada kolom komentar di bawah ini.

Racing King – Motor listrik sudah mulai banyak diminati terutama oleh parah penggiat otomotif. Memang tergolong masih baru di dunia otomotif, akan tetapi motor listrik sudah dapat menyedot banyak peminat. Nah beginilah cara perawatan motor listrik yang benar agar motor awet.

Di Indonesia sendiri sudah dijual beberapa varian dari motor listrik/elektrik ini. Selain karena suatu hal yang baru, pada umumnya motor listrik diminati karena rasa penasaran ingin mencoba berkendara dengan motor tanpa harus memikirkan kehabisan bahan bakar. Beberapa kendaraan motor listrik juga memiliki desain yang unik dan menarik. Salah satunya adalah motor listrik Balis yang diproduksi oleh PT Selis Nusantara.

Seperti apa sih motor listrik itu?

Motor listrik ini tidak seperti layaknya motor pada umumnya. Melainkan mempunyai roda tiga buah serta motor ini tertutup di samping kanan kiri dan atas menyerupai sebuah mobil mini. Motor yang dijual dengan harga 35 juta rupiah ini banyak menarik perhatian pecinta motor.

Indonesia pun sudah mampu memproduksi motor listrik yang diberi nama dengan Gesit. Motor yang diciptakan oleh mahasiswa Institut Teknologi Surabaya ini sudah mulai dijual di pasaran. Bagi kamu yang sudah memiliki motor listrik pasti mempunyai pertanyaan mengenai bagaimana cara perawatan motor listrik.

Cara Perawatan Motor Listrik

Cara Perawatan Motor Listrik

Perawatan motor listrik menjadi sebuah masalah yang vital guna meningkatkan kemampuan dari kendaraan itu sendiri. Sesuai dengan nama yang disematkan, sepeda motor listrik ini digerakkan oleh sebuah motor listrik. Sebagaimana kerja motor listrik yang menggerakkan mekanik alat berat seperti kompresor, blower, dan lain sebagainya. Agar terus dapat dipakai dengan nyaman, yuk kepoin cara perawatan motor listrik yang benar.

  1. Rem
    Kendaraan listrik mempunyai sistem rem sebagaimana motor biasa. Untuk itu, rem harus tidak seret supaya mudah digunakan. Rem yang seret akan sangat menguras penggunaan listrik sehingga jalan motor menjadi tidak efektif dan baterai cepat habis. Alangkah lebih baik jika rem selalu dikontrol untuk menghindari rem menjadi mogok atau bermasalah. Perawatan motor listrik yang menyasar bagian rem ini juga merupakan salah satu upaya memberikan jaminan keamanan. Motor listrik melaju tidak terlalu kencang akan tetapi rem yang susah ditekan akan sangat mengganggu dan bisa membahayakan pengemudi. Perlu kontroling ketat untuk rem termasuk apakah rem masih pakem ataukah sudah loss karena jika sampai loss akan berbahaya buat pengendara.
  2. Charging Baterai
    Sumber tenaga dari motor elektrik berasal dari baterai. Jangan membiarkan baterai sampai kosong sebelum menggunakan jadi tidak berhenti jalan. Baterai tidak boleh benar-benar kosong karena khawatir berhenti di tengan jalan. Seperti mengisi handphone. Paling sering dialami pemilik motor listrik adalah lupa mengisi baterai. Dan lebih merusak lagi adalah ketika baterai sudah habis, jangan dipaksa melaju. Dalam kondisi kosong baterai jika dipaksa berjalan akan membuat baterai menjadi mudah rusak. Dalam keadaan baterai sudah mau habis, segera diisi.
    Meskipun baterai kosong itu tidak baik untuk charging, tetapi kondisi baterai sebaiknya jangan over charging. Bahkan paling bahaya adalah over charging itu sendiri karena bisa menghentikan fungsi baterai. Salah satu ciri baterai yang over charging adalah menggembung. Jika baterai sudah menggembung, maka baterai sudah dianggap rusak dan harus diganti dengan baterai baru tidak boleh digunakan lagi.
    Sistem otomatis pada charger terkadang tidak berfungsi optimal. Lama mengisi baterai disesuaikan dengan kapasitas. Charger bawaan memiliki kapasitas antara 2 sampai dengan 2,5 ampere. Untuk durasi ini idealnya 3 jam maksimal. Adapun untuk baterai berkapasitas 36V 12 Ah durasi maksimal pengisian adalah 5 jam. Untuk kapasitas baterai 48 Volt 12 Ah maksimal pengisian adalah 6 jam. Kemudian kapasitas 48 Volt dengan20 Ah pengisial maksimal 8 jam.
  3. Berjalan Di Medan Datar
    Perawatan motor listrik yang baik salah satunya adalah tidak berjalan di medan yang terjal. Motor listrik alangkah lebih baik digunakan dinarena yang landai seperti wilayah perkotaan atau desa yang bukan pegunungan. Sepeda motor listrik yang berada di area tanjakan akan sangat memakan daya listrik sehingga menjadi boros baterai. Padahal rata-rata kemampuan baterai bertahan adalah hingga menempuh jarak 60 kilometer sampai 100 kilometer dengan kecepatan sedang sekitar 40-50 km/jam.
    Namun jika memacu kendaraan di wilayah perbukitan atau terjal, mungkin belum sampai 5 kilometer kamu sudah kehabisan daya. Jika terpaksa melewati daerah menanjak mungkin sesekali saja, jangan terlampau sering.
  4. Berjalan Dengan Lembut
    Berjalan dengan halus tidak melonjak membantu membuat sepeda motor elektronik kamu awet. Perawatan motor listrik yang baik salah satunya adalah penggunaan yang halus. Ketika membuka gas secara penuh dengan hentakan kuat akan menyedot energi lebih banyak sehingga baterai juga akan lebih cepat habis sebelum sepeda motor melaju. Kekuatan listrik yang mengendalikan motor juga menjadi semakin kencang mengalir.
    Akibatnya kamu harus lebih sering mengisi baterai dan hal tersebut kurang membuat awet baterai motor listrik kamu. Penggunaan gas dengan lembut juga akan membuat motor tidak mudah aus mesinnya. Apabila kamu merasa tegangan motor berkurang, segera dilakukan perbaikan atau dicek supaya tidak terjadi kerusakan lebih jauh.
  5. Mengurangi Cracking Ampere
    Cracking ampere adalah kekuatan arus paling maksimal yang bisa dikeluarkan baterai. Kekuatan baterai akan menurun apabila terjadi cracking. Dengan kata lain ketika baterai mengalami cracking maka akan menguras energi sekaligus usia baterai itu sendiri. Cracking baterai tidak sama antara jenis satu dengan lainnya. Jika pengeluaran arus, sangat kuat hingga, mendekati nilsi cracking dapat dipastikan baterai akan lebih mudah mengalami kerusakan.
    Sebaiknya dilihat batas nilai arusnya. Sebagai contoh untuk aki kering UPS 7 Ah memiliki nilai batas arus 25 A. Sementara aki kering betrik 12 Ah memiliki batas arus senilai 35A. Kemudian aki kering treko 20 Ah mempunyai nilai batas arus 15 A. Baterai lithium untuk laptop 4,6 Ah mempunyai batas arus senilai 9A. Aki basah mempunyai batas arus sekitar 3 hingga 4 kali kapasitas yang dipunyai oleh aki. Sehingga apabila ingin membuat modifikasi pada motor listrik sebaiknya konsumsi arus listrik jangan mendekati batas cracking baterai tersebut.
  6. Memastikan Desain Optimal Casis
    Struktur casis, merupakan bagian sebelah luar dari sebuah rangkaian elektronika. Hal ini harus diperhatikan dengan seksama guna, melakukan perawatan motor listrik. Sudut mekanis yang ada pada kendaraan juga perlu diperhatikan sehingga pada saat mengoperasikan tidak mengalami kecacatan mekanis. Apabila tidak optimal atau kurang presisi maka bisa memperbesar gesekan yang dapat menimbulkan aus dan kerusakan pada kendaraan motor elektrik kamu. Selain itu, dengan memperhatikan detail dari struktur casis, akan menambah kenyamanan dalam berkendara.
  7. Jangan Sering Terkena Air
    Meskipun kendaraan bisa melaju di dalam hujan dan panas. Akan tetapi, untuk kendaraan elektrik ini sebisa, mungkin untuk tidak sering ditempatkan di lokasi yang rentan terkena hujan. Alangkah lebih baik kamu menggunakan motor listrik di musim yang tidak terlalu basah. Banyak komponen elektronik yang mungkin bisa rusak oleh air dan kelembaban tinggi. Jika terpaksa, terguyur air maka sebaiknya, segera dikeringkan melalui kering angin ruangan.
    Itulah cara perawatan motor listrik agar awet. Semoga berguna ya guys.