Aneka Motor Unik Yang Harus Kamu Tahu
Aneka Motor Unik Yang Harus Kamu Tahu

Aneka Motor Unik Yang Harus Kamu Tahu

Posted on

Kenalan Sama Aneka Motor Yang Unik

Racing King – Kamu penggemar otomotif khususnya motor? Pasti akan mengenal aneka macam motor mulai dari motor biasa, motor listrik sampai dengan aneka motor unik. Bagi yang suka sesuatu di luar mainstream pasti akan menyukai beberapa jenis motor yang akan dipaparkan berikut. Tetapi sebelumnya akan kita bahas terlebih dahulu mengenai jenis-jenis motor.

  1. Motor Biasa/Manual
    Motor biasa merupakan motor yang biasa digunakan untuk transportasi. Tenaga pengandalinya menggunakan teknik mekanik yaitu dengan adanya kopling, rem dan juga starter kaki yang kadang bisa dilengkapi dengan starter otomatis. Sepeda motor ini pada tahun 1980-an asih menggunakan sistem dua tak yang selanjutnya di sekitar tahun 2000-an sudah beralih dengan sistem 4 tak. Laju kendaraan bisa disetel menggunakan teknik kopling. Kopling ada yang dikendalikan pada tangan seperti pada motor pria, atau motor besar. Dan kopling pada kaki kanan seperti motor bebek. Bahan bakar menggunakan BBM.
  2. Motor Matic
    Pada prinsipnya, motor matic seperti motor biasa, tetapi pengendalian laju sudah menggunakan sistem otomatis atau matic tidak lagi dikendalikan dengan perpindahan gigi roda (kopling). Motor matic serba otomatis tanpa harus terjadi perpindahan kecepatan secara manual tetapi langsung melaju mengikuti kecepatan kendali mesin (gas). Motor matic tidak bisa digunakan untuk balap. Pada umumnya memiliki roda relatif kecil diameternya dan bentuk menyerupai scooter. Bahan bakar berupa BBM.
  3. Motor Listrik
    Motor listrik merupakan motor yang tidak lagi menggunakan BBM. Penggerak motor berupa dinamo atau listrik yang dialirkan melalui alat beupa baterai. Motor listrik mulai populer pada sekitar akhir dekade 2010-an.
    Sekarang beralih ke motor yang unik. Seperti apa sih motor unik tersebut. Yuk kita kepoin bersama.
  4. Orphiro
    Orphiro merupakan salah satu bentuk motor yang unik. Motor ini digerakkan oleh tenaga listrik atau apa yang disebut sebagai motor listrik. Motor buatan belanda ini mempunyai tubuh motor yang lebar. Lahir di tahun 2011. Kemampuan laju motor hingga jarak 100 km. Memang kendaraan ini dirancang bukan untuk transportasi jarak jauh.
    Kecepatan maksimumnya adalah 120 km/jam. Orphiro dijual dengan harga bandrol Rp 592 juta. Sebuah harga fantastis untuk sebuah sepeda motor bahkan melebihi harga mobil niaga. Bagi kamu yang menyukai bentuk uniknya tentu bukan untuk melaju ke luar kota hingga jarak ber mil-mil. Motor yang unik ini sudah masuk pula ke pasar otomotif di Indonesia. Motor keren dan lucu ini didesain oleh Philippe Starck. Karena konsepnya retro, orphiro sering diidentikkan dengan gaya motor kuno. Bagi yang gemar otomotif lawas pasti deh melirik si body lebar ini. Meskipun body lebar, tapi tetap nyaman dikendarai loh, guys.
  5. Johammer
    Satu lagi motor yang unik asal Austria. Namanya juga unik, Johammer. Bodynya benar-benar unik. Sepintas seperti serangga yang aneh dengan badan lebar ke bawah, kemudian roda depan lebih besar dari pada roda belakang. Kedua spions mengesankan antena pada serangga. Jika mengendarai rasanya seperti sedang berada di film futuristik. Tapi yang perlu kalian ketahui, motor unik ini memiliki kemampuan canggih.
    Motor listrik berkemampuan energi 11 kw ini dapat dipacu hingga mencapai jarak 150-200 km. Lebih istimewa lagi, motor yang nampak besar ini ternyata tidaklah seberat kenampakannya, bobot hanya mencapai 178 kg. Adapun kecepatan maksimum adalah 120 km/jam. Charging baterai untuk capaian 80% pengisian adalah sekitar 2,5 jam. Adapun kapasitas motor 1,455 cc. Keunikan lainnya ialah motor memiliki double steering tangan.
  6. Motor Bambu
    Kalian pasti akan bertanya-tanya jika mendengar motor bambu. Bahkan beberapa mengira motor yang unik ini sebagai motor mainan. Belum terbayang, bukan? Sebuah motor keluaran pabrik Filipina yang juga merupakan motor listrik ini memang terbuat dati bambu. Lalu bagaimana bambu dijadikan motor? The Banatti Green Falcon, nama proyek pembuatan motor ini menyampaikan bahwa motor dibuat dalam rangka kampanye ramah lingkungan.
    Sang desainer Christopher Paris Lacson memang sengaja membuat sensasi dengan menghadirkan motor keren ini. Bambu dipasangkan pada body motor yang meliuk. Sepintas seperti terbuat dari kayu pohon. Kekuatan listrik motor ini adalah 3,3 watt (4,4 hp). Baterai lithium dengan kekuatan 48 volt. Adapun kecepatan yang bisa ditempuh 110 km/jam. Pada kondisi normal pada umumnya motor yang unik ini dipacu dalam kecepatan 60 km/jam. Adapun motor dapat melalui sebuah tanjakan, sedikit berbeda dengan motor listrik lain yang kurang kuat menanjak. Keunggulan lain dari motor ini, dilengkapi dengan sound system JBL yang mungil sehingga kalian bisa bermusik di jalan. Adapun sadel dilengkapi dengan kulit dan pelana.
  7. Pocket Rocket Sol Motor
    Bicara tentang sepeda motor yang unik, kalian harus mengenal sepeda motor listrik buatan Jerman ini. Karena desainnya yang super unik, motor ini memperoleh penghargaan berupa German Design Award. Adapun desainer Manuel Messmer merancang motor ini dalam ukuran berat yang ringan. Pocket Rocket sebelumnya dikenal memproduksi sepeda lipat elektrik. Kini dengan hadirnya sol motor memperkuat branding dati pocket rocket.
    Untuk kecepatan laju sepeda motor listrik ini memang tidak sekencang beberapa tipe sebelumnya. Sol motor hanya mampu dipacu maksimal pada kecepatan 50-80 km/jam. Sementara daya listrik sebesar 4kw (5,4 hp). Keunikan bentuk terlihat pada sadel yang menyerupai tabung. Sepintas terkesan sederhana namun ketika dikendarai, motor unik ini begitu nyaman sehingga cukup banyak penggemarnya.
  8. The Commuter
    Motor unik yang satu ini dikeluarkan oleh seorang perancang otomotif ternana, Erik Buell. Berkolaborasi dengan dua orang sahabatnya, Frederic dan Terry, Erik mendesain sebuah motor unik. Moror listrik yang dibeti nama The Commuter ini memiliki warna yang benar-benar mampu membuat mata yang melihat menatap dan terkesiap, yaitu oranye. Adapun jarak tempuh yang bisa dicapai The Commuter adalah 150 km.
  9. Cake Kalk
    Dari namanya kalian pasti tidak menyangka, ini nama sebuah motor. Yang ada di dalam benak adalah sebuah kue lezat dengan irisan cokelat batangan yang renyah. Wow bikin lidah bergoyang. Namun jangan salah, sama-sama asyik buat dinikmati, cake kalk ini bukan makanan melainkan sebuah motor yang unik. Seperti motor bambu, cake kalk didesain ramah lingkungan.
    Motor keluaran dari negara Swedia ini meskipun nampak begitu kokoh tetapi bobotnya cukup ringan. Yang paling asyik adalah bagi kalian yang terkadang kurang berhati-hati, mengendarai cake kalk tidak perlu terlalu khawatir karena produk motor listrik ini anti gores, tapi ya sayang kan kalau yang tergores tubuh kalian. Jadi tetaplah berhati-hati ketika mengendarai.
    Kemampuan jarak yang bisa ditempuh adalah 80 km. Motor unik ini sepintas menyerupai sepeda listrik. Yang istimewa dari cake kalk adalah kecepatannya yang konstan di segala medan. Kemampuan untuk melewati medan berat memang masih dalam pantauan, tetapi di perkotaan kalian bisa melenggang dengan asyik dan gaya. Hanya saja harganya masih cukup mahal yaitu 13.800 dollar Amerika atau sekitar 150 juta rupiah.
Aneka Motor Unik Yang Harus Kamu Tahu
Aneka Motor Unik Yang Harus Kamu Tahu

Demikian ulasan mengenai aneka motor unik yang bisa menambah wawasan buat kamu yang gemar berkendara. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *