Cara Pilih Ban Motor Saat Musim Hujan Tiba
Cara Pilih Ban Motor Saat Musim Hujan Tiba

Cara Pilih Ban Motor Saat Musim Hujan

Posted on

Demi Keselamatan, Kalian Bisa Lakukan Cara Pilih Ban Motor Saat Musim Hujan

Racing King – Buat kalian yang selalu mengandalkan motor untuk berbagai ‘aktifitas mobile’ sehari-hari, mungkin sangat direpotkan ketika musim hujan. Cara pilih ban motor saat musim hujan juga menjadi sangat penting. Tidak hanya kerepotan ketika harus menempuh hujan dengan menggunakan jas hujan tapi juga dituntut untuk terus waspada saat motor harus melaju saat hujan turun deras disertai dengan jalanan yang licin.

Ban motor adalah salah satu komponen motor yang wajib kalian perhatikan. Mengapa? Karena ban motor akan berhubungan langsung dengan jalanan beraspal yang licin saat terkena hujan. Kalian harus benar-benar perhatikan kondisi ban motor. Jangan sampai mengabaikan begitu saja keadaan ban motor sama seperti saat musim kemarau.

Cara Pilih Ban Motor Saat Hujan

Memilih ban motor yang sesuai dengan strandar keselamatan saat hujan penting untuk dilakukan. Jika tidak ingin terjadi hal yang membahayakan, beginilah cara pilih ban motor saat hujan:

  1. Pilih Ban Yang Memiliki Banyak Alur
    Jika ban motor kalian masih menggunakan asli pabrikan, sebenarnya tidak masalah. Karena pabrikan sudah pasti menggunakan ban yang memang dirancang untuk kondisi apapun. Baik untuk jalanan basah maupun kering. Namun tidak ada salahnya kalian sebagai pemilik motor juga harus memperhatikan keadaan ban untuk mempersiapkan beraktifitas dengan mengendarai motor di waktu hujan.
    Agar tidak terjadi slip ban saat berkendara, pilihlah ban yang mempunyai banyak alur. Dengan ban yang mempunyai motif banyak alur, air hujan akan mudah melewati sela-sela alur ban sehingga grip ke aspal akan tetap terjaga dengan baik dan menghindarkan slip bam saat melaju di jalan raya.
  2. Hindari Menggunakan Ban Semi Slick
    Cara pilih ban motor saat hujan selanjutnya adalah hindari penggunaan ban semi slick. Kalian tahu kenapa sebabnya? Penggunaan ban semi slick sebenarnya memberikan maksud agar memberikan grip yang lebih baik pada jalanan yang kering. Namun ketika memasuki musim hujan, jalanan akan lebih cenderung sering basah karena hujan. Bahkan terkadang kalian harus terpaksa melewati jalanan yang bolong-bolong bahkan banjir.
    Dengan menghindari bam semi slick pada saat musim hujan, membuat air bisa terhempas dengan baik karena terganggu dengan lapisan tipis air (aquaplaning) pada ban. Kalian boleh kembali menggunakan ban semi slick ketika sudah memasuki musim kemarau atau ketika kalian mengikuti kompetisi balap motor di sirkuit.
  3. Tetap Jaga Kecepatan Saat Berkendara
    Jika kalian hobi sekali ngebut di jalanan, sebaiknya hindari jika jalanan sedang basah atau berkendara saat hujan. Ngebut di jalan basah hanya akan membuat kekuatan grip pada jalanan cenderung menurun. Alhasil, dengan kecepatan tinggi akan sulit mengontrol laju kendaraan hingga membuat keadaan lebih fatal. Seperti terjadi kecelakaan karena slip pada ban.
  4. Usahakan Menggunakan Ban Dengan Ukuran Yang Sesuai
    Boleh-boleh saja memodifikasi motor sesuai selera. Terutama pada modifikasi ban motor dengan menggunakan ban yang lebih kecil maupun yang lebih besar. Namun selalu ingat! Bahwa tidak selamanya modifikasi sesuai dengan segala keadaan. Seperti keadaan saat jalanan sedang basah atau hujan.
    Penggunaan ban motor harus disesuaikan dengan body motor. Jangan menggunakan ban yang terlalu kecil karena tidak akan kuat menopang body motor. Jika kalian paksakan menggunakan ban motor yang terlalu kecil, motor akan lebih rentan tergelincir. Jangan pula menggunakan ban yang terlalu besar karena akan menyulitkan motor untuk bergerak. Gunakanlah ban motor yang sesuai dengan standar pabrikan.
  5. Gunakan Tekanan Angin Yang Tepat
    Selain melihat keadaan fisik ban, cara memilih ban motor saat hujan selanjutnya adalah dengan memperhatikan tekanan angin yang tepat. Jangan menggunakan tekanan angin yang terlalu banyak jika tidak ingin motor kalian kehilangan daya cakramnya. Sehingga akan mengakibatkan hal yang fatal saat harus melakukan rem dadakan.
    Jangan pula menggunakan angin yang terlalu sedikit untuk menghindari ban cepat botak karena ban lebih banyak menekan jalanan. Sesuaikan saja besar kecilnya tekanan angin pada ban agar lebih enak untuk dikendarai.
    Nah, itu beberapa hal yang mesti kalian perhatikan mengenai ban motor saat musim hujan. Sekalipun hanya terihat sederhana, jangan sekali-kali menyepelekannya agar kalian tetap aman dalam berkendara. Terlebih lagi jika ban motor kalian sudah gundul.
Cara Pilih Ban Motor Saat Musim Hujan Tiba
Cara Pilih Ban Motor Saat Musim Hujan Tiba

Tips Agar Ban Motor Tidak Cepat Gundul

Agar motor kalian tidak cepat gundul, sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini:

  1. Rajin Bersihkan Ban Motor
    Agar ban motor saat musim hujan tidak cepat gundul, rajin-rajinlah untuk membersihkan ban setelah digunakan berkendara dalam jangka waktu yang cukup lama. Bersihkan ban motor dengan menggunakan air dan sabun khusus motor. Jangan menggunakan sabun colek.
    Bersihkan ban motor dari kerikil atau lumpur yang menempel. Jika dibiarkan menempel, lumpur dan kerikil yang berada di lapisan ban akan membuat ban cepat retak dan rusak.
  2. Jangan Sering Memberikan Beban Berat
    Setiap ban motor mempunyai batas maksimum mengangkat beban. Jangan biarkan motor kalian mengangkat beban lebih dari batas maksimum kemampuannya. Karena jika sering mengangkat beban lebih dari batas kemampuannya, ban akan lebih cepat aus dan gundul. Hal ini disebabkan karena ban cenderung lebih banyak bergesekan dengan aspal jalanan. Jika hal ini terus menerus dilakukan, maka kebotakan ban sulit untuk dihindari.
  3. Jangan Parkir Motor Dengan Standar Samping
    Kebiasaan memarkir motor dengan standar samping memang terlihat sepele. Namun ternyata jika ini dilakukan secara terus menerus akan membuat ban bagian kiri lebih cepat aus karena beban motor akan menekan ban bagian kiri saja. Tak hanya ban bagian sisi kiri saja. Shockbreaker juga akan cenderung condong ke kiri dan ikut serta mendorong ban bagian kiri.
  4. Berkendaralah Dengan Cara Yang Benar
    Jika ingin ban motor kalian lebih awet dan tidak cepat gundul pada saat musim hujan, maka berkendaralah dengan sebaik mungkin. Jangan mengendarai motor dengan mengebut atau bahkan ugal-ugalan. Jika kalian sering mengebut, maka kalian juga akan lebih sering melakukan pengereman mendadak. Sering melakukan rem mendadak juga akan mempercepat penggundulan ban dan keausan ban.

Hindari juga berkendara dengan cara menikung tajam. Penikungan tajam pada saat berkendara akan membuat gesekan ban pada aspal jalan lebih banyak sehingga akan membuat ban lebih cepat gundul dan aus.

Itulah 4 hal yang wajib kalian lakukan jika ingin ban motor saat musim hujan lebih awet dan tidak cepat gundul. Jika kalian sudah menemukan ban yang telah gundul, sebaiknya segeralah untuk mengganti dengan yang lebih baik agar keselamatan saat berkendara lebih terjaga.

Ketika kalian menggunakan motor lebih sering atau setiap hari, penggantian ban motor juga diperlukan lebih sering dan lebih cepat dibandingkan mereka yang menggunakan motor hanya sesekali saja. Minimal penggantian ban dilakukan setahun sekali agar performa motor lebih terjaga.

Kalian masih punya info lain? Kalian tuliskan saja pada kolom komentar di bawah ini ya.

2 thoughts on “Cara Pilih Ban Motor Saat Musim Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *