Cara Pilih Ban Motor
Cara Pilih Ban Motor

Cara Pilih Ban Motor Yang Wajib Kamu Tahu

Posted on

Cara Pilih Ban Motor Yang Bagus Agar Jalan Motormu Tetap Nyaman

RacingKing – Kendaraan bermotor merupakan salah satu alat transportasi yang vital. Salah satu jenis kendaraan bermotor yang menjadi alat transportasi utama adalah sepeda motor. Sebagaimana alat transportasi lainnya, sepeda motor dilengkapi dengan ban. Ban ini merupakan alas dari roda di mana roda merupakan alat gerak kendaraan bermotor sehingga bisa melaju maju, mundur, dan lain sebagainya.

Alat transportasi tanpa roda tidak akan bisa berjalan. Sebagaimana tuas atau pengungkit, roda berperan menambah daya dorong kendaraan. Ban motor biasanya terbuat dari karet tebal untuk bagian luar kemudian diisi dengan karet elastis yang diisi dengan udara. Udara diisikan ke dalam bagian ban dalam supaya ban menjadi nyaman dinaiki. Untuk penggunaan harian diperlukan strategi cara pilih ban motor yang bagus. Ban motor bisa berkurang isi udaranya bisa pura bocor.

Hal yang perlu kamu perhatikan ketika memilih ban yang bagus adalah sebagai berikut.

1. Ban Kering Atau Basah

Sebagaimana peruntukan, ban digunakan untuk alas sekaligus alat gerak pada motor. Ban berjalan di area yang bisa basah dan bisa kering. Ban di Indonesia yang bermusim tropis biasanya menggunakan perpaduan ban basah dan kering. Ban basah memiliki alur yang lebih terlihat jelas dan tegas. Ornamen timbulnya nampak lekuk yang kuat dan nyata. Hal ini disebabkan pada jalanan yang basah, dibutuhkan daya cengkeram ban supaya tidak mudah tergelincir. Terdapat istilah ban gundul, yaitu ketika ornamen timbul dan lekuk pada ban sudah aus karena sering  bergesekan dengan aspal jalan raya. Untuk mengetahui spesifikasi,  bisa dilihat pada bagian bawah ban.

Adapun jika kamu menggunakan motor hanya di musim kering saja, terdapat ban kering di mana alurnya sedikit atau malah tidak ada. Akan tetapi sebenarnya paling aman menggunakan ban tipe basah meskipun digunakan pada lokasi jalan yang kering karena jauh lebih aman. Ban basah jika dipakai pada lahan kering sayang mudah aus alur jadi cepat hilang.

2. Membeli Ban Sesuai Ukuran

Untuk cara pilih ban yang bagus harus melihat kesesuaian antara ban dengan wadah atau pelek motor. Apapun jika tidak kompatibel pasti tidak akan bagus. Demikian juga, dengan cara memilih ban motor. Perlu diketahui pelek motor memiliki aneka ukuran. Ada pelek besar, ada pula yang sedang hingga kecil. Pada motor elektrik bahkan ada yang dalam satu motor menpunyai ukuran ban belakang dan depan yang berbeda. Kamu perlu menilik ukuran pelek untuk bisa menentukan ukuran ban motor.

Jika tidak sama tentu tidak bisa dipasang. Ada yang memiliki selisih kecil dan memaksakan memasang pada pelek. Jika ban sedikit lebih longgar mungkin masih bisa dipasang, tetapi agak berbahaya karena ban akan bisa selip dan menimbulkan kecelakaan di jalan. Ukuran standar ban pada umumnya adalah 70/90 dan 80/90 sementara untuk motor listrik dan matic di ukuran 80/90 dan 90/90.

3. Menentukan Ukuran Permukaan Telapak

Telapak ban adalah bagian ban yang menapak pada permukaan aspal. Ukuran telapak ban memberikan pengaruh yang signifikan untuk daya sedot tenaga. Pengaruh tersebut disebabkan oleh adanya gesekan di mana jika telapak ban memiliki permukaan yang kecil akan lebih irit tenaga mesin karena area yang bersentuhan dengan jalan lebih rendah. Semakin luas area gesek antara telapak ban dengan permukaan jalan maka tenaga yang dikeluarkan juga akan semakin besar dan membuat  boros bahan bakar.

Adapun jika telapak ban permukaan terlalu kecil juga kurang baik dan berbahaya terhadap kestabilan motor. Yang membahayakan adalah motor mudah terguling atau ban tidak awet, pecah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sebaiknya cara memilih ban motor yang bagus adalah memilih ban dengan permukaan telapak ban sedang. Ban bertelapak ukuran sedang paling tepat untuk motor harian. Namun memang perusahaan atau pabrik ban sudah memiliki standar untuk ukuran masing-masing jenis motor. Motor matic biasanya memiliki telapak ban dengan permukaan lebih kecil dibandingkan motor non matic.

Cara Pilih Ban Motor
Cara Pilih Ban Motor

4. Memperhatikan Tahun Pembuatan

Sebuah barang perlu dilihat sudah berapa lama diproduksi. Semakin lama diproduksi tentu ada kekurangan ataupun ada yang kurang meskipun belum dipakai sama sekali. Adapun cara memilih ban yang bagus dengan cara memperhatikan tahun pembuatan adalah dengan cara melihat adanya kode yang biasanya ditulis pada ban. Kode tersebut pada umumnya dalam bentuk 4 digit, yaitu mencakup jumlah minggu dan angka tahun.

Sebagai contoh 1219 maka kode tersebut menunjukkan bahwa ban dibuat minggu ke-12 tahun 2019. Dengan memperhatikan waktu pembuatan kamu bisa tahu sudah berapa lama ban tersebut berada di pasaran. Meskipun ada yang memang sengaja membeli ban yang sudah lama dengan alasan murah, tetapi alangkah lebih baik jika cara memilih ban motor tetap memperhatikan tahun ban diproduksi.

5. Asal Negara Pembuat

Asal negara pembuat ban terkadang memang perlu diperhatikan. Jangan kira produk lokal kalah bagus, dengan produk luar negeri. Telah banyak dibuktikan bahwa justru produk lokal lebih bagus dibandingkan dengan produk impor karena para produsen dalam negeri sudah menyesuaikan antara produk dengan kondisi lapangan. Para surveyor produk mampu melihat kondisi jalan di Indonesia.

Beberapa produk impor memang bisa diandalkan, tetapi kamu perlu ketahui bahwa beberapa negara memiliki jalan raya yang jalur tidak heroik sebagaimana jalanan di Indonesia yang terkadang ekstra ordinari dengan aspal yang belum tentu rata. Yang utama dibutuhkan selain cara memilih ban yang bagus adalah merawat ban sebaik mungkin. Jauhkan lokasi motor dengan panas misal dekat api,  di area aspal yang super terik,  karena ban bisa mudah aus.

6. Mengetahui Area Yang Sering Dilalui

Kamu perlu menyesuaikan area yang sering dilalui dengan demikian kamu bisa menentukan ban mana yang tepat. Jika diperhatikan dengan seksama, ban mempunyai alur permukaan yang tidak sama antara ban satu dengan lainnya. Kamu bisa menyesuaikan dengan lahan yang seting kamu ikuti. Area yang kering bisa digunakan slur ban bergaris dan tidak terlalu berlekuk tinggi. Adapun jika area lumayan terjal dan tidak rata, gunakan alur ban yang cenderung bermotif atau lekukan yang lumayan tegas karena alur yang lebih tebal atau memiliki tonjolan dan lekukan terjal mempunyai daya mencengkeram yang kuat.

Ada lagi ban spesial off road. Alurnya lebih tebal dan tegas. Kamu akan lebih merasa nyaman dan tenang menggunakan ban off road di segala medan. Meskipun untuk di jalan yang rata, ban off road terasa sedikit lebih berat dibandingkan dengan ban yang biasa digunakan di area datar.

7. Beli Ban Murah, Tapi Berkualitas

Cara pilih ban yang bagus tak hanya mengedepankan cara memilih ban motor yang berkualitas saja.  Kamu tetap harus memperhatikan ketebalan isi dompet. Jangan sampai asal bagus tetapi mahal. Karena masih banyak ban berkualitas dan murah. Tinggal kejelian kamu saja.

Demikianlah bahasan kali ini mengenai cara pilih ban yang bagus. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Selamat berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *