Freestyle Motor Indonesia

Freestyle Motor Indonesia Yang Wajib Lo Tahu

Posted on
Freestyle Motor Indonesia
Freestyle Motor

Serba-Serbi Freestyle Motor Indonesia Yang Wajib Lo Tahu

Lo yang baru mendalami dunia freestyle motor Indonesia wajib baca artikel ini. Soalnya, di sini lo bakal nemuin serba-serbi dunia freestyle motor Indonesia. Mulai dari tokoh-tokohnya yang terkenal, asosiasi atau komunitas yang menamngpunya, ampe tips-tips penting buat jadi freestyler di Indonesia.

Nggak perlu basa-basi lagi, langsung aja lo baca semuanya di bawah sini!

Tokoh Freestyle Motor Indonesia

Semakin populernya freestyle motor Indonesia, semakin banyak pula tokoh atau pelaku kegiatan tersebut. Beberapa di antaranya merupakan stunt rider. Adapun beberapa di antaranya yang harus lo tahu adalah:

  1. Wawan Tembong

Nama stunt rider satu ini amat beken dikalangan freestyle motor Indonesia. Pria bernama asli Wawan Jarwanto ini udah pernah juara di berbagai ajang. Salah satunya adalah sepasang gelar di ajang Long Stoppie Open dan Big Bike Class.

Selain tetap rajin ikut kompetisi, pria yang akan berusia 31 tahun ini juga sudah punya sekolah sendiri. Wawan Stunt School adalah sekolah yang dimaksud. Kalau lo mau jadi freestyler seperti Wawan Tembong, lo bisa masuk ke sekolah tersebut.

FYI, pria kelahiran Ampel ini ternyata pernah ditawari jadi Stunt Rider Jokowi di Asian Games kemarin, loh! Sayangnya, karena satu dan lain hal, tawaran itu pun tidak kunjung diambil sama doi.

  • Wahyu Nugroho

Doi adalah adik dari Wawan Tembong. Doi ini adalah freestyler dan stunt rider yang cukup belia. Umur doi sendiri kini udah 17 tahun. Walau masih belia, doi udah sering ikutan sejumlah kompetisi lokal dan internasional.

Burapa Battle 9 di Thailand adalah salah satunya. Di ajang itu, doi berhasil meraih juara ketiga. Setahun terakhir ini, doi udah nggak lagi main di ranah stunt ride dan freestyle motor. Kini, adik Wawan Tembong itu udah mulai fokus di ranah road race. Dan ajang Underbone 150 ARRC 2019 yang pernah diikutinya kemarin adalah buktinya.

Ada beberapa alasan mengapa doi mulai berani masuk ke ranah road race. Salah satunya adalah tawaran dari pihak YRI.

  • Reza SS

Freestyler bernama Reza Syadri Sihombing adalah pelopor freestyler Indonesia yang go internasional. Salah satu ajang internasional yang pernah doi ikuti adalah Motul Internasional Stunt Fest 2017 yang sukses dimenangi oleh doi. Salah satu kelebihan doi adalah mampu beratraksi di atas KTM 390 full modifikasi.

Meski tergolong senior, doi rupanya humble banget, lho. Buktinya, doi sempet bawa empat freestyler pemula di Indonesia ke luar negeri. Keempatnya dibawa untuk menimba ilmu di beberapa kompetisi luar negeri yang saat itu digelar. Dan demi keempatnya, doi sampai rela lho nggak ikut kompetisi apapun. Gokil!

  • Ghani Grimaldi

Freestyler satu ini juga cukup berprestasi di kancah internasional. Buktinya, doi berhasil dapet podium di Burapa Battle Stunts 9 yang dilaksanain di Thailand dua tahun lalu. Tak hanya di luar, di negara sendiri pun doi juga berprestasi.

Salah satu buktinya adalah doi selalu juara stunt ride nasional kategori Pro Sport Bike hampir tiap tahunnya. Ada beberapa motor yang jadi gacoan doi untuk menangi kompetisi. Yamaha MT-25 dan YamahaYZF-R6. Khusus yang pertama, doi rajin banget pake itu motor di kompetisi nasional. Dan hasilnya, doi pun jadi sering banget juara

Saat ini, doi masih tergabung di Loenpia Xtreme Stunt Team Semarang.

Asosiasi Atau Komunitas Yang Terkait Freestyle Motor Indonesia

Di Indonesia, udah ada beberapa asosiasi atau komunitas yang nampung para freestyler Indonesia. Mereka ada yang cakupannya daerah dan juga ada yang udah nasional. Lo bisa gabung ke salah satunya bila lo mau.

Selain dapet temen baru, lo juga bisa dalemin ilmu freestyle kalo ikut asosiasi atau komunitas. Kalo lo bingung harus ikut ke mana, nggak usah khawatir. Kita bakal ngasih lo beberapa asosiasi atau komunitas freestyle yang tergolong beken di Indonesia. Entah yang skalanya daerah maupun nasional.

Daripada gue makin banyak omong, mending lo simak aja langsung nama-namanya di bawah sini:

  1. Indonesia Stunt Ride Association (ISA)

Dari namanya aja lo udah bisa nebak kalo ini adalah asosiasi stunt ride atau freestyler berskala nasional. Di asosiasi ini, lo bakal kenalan ama para freestyler dan stunt rider yang udah pro. Lo juga bisa belajar banyak soal freestyler dari mereka kalo lo gabung asosiasi ini.

Kabar baiknya, ini asosiasi udah punya sekolah freestyle sendiri. sekolahnya sendiri bisa diikuti siape aje. Entah mereka yang udah ikutan komunitas freestyle sebelumnya, atau orang awam yang tertarik belajar freestyle ke orang yang pro.

Elu bakal belajar teknik-teknik dasar bila elo sekolah di sana. Wheelie, stople, acrobatic, dan burnout adalah empat di antaranya.

  • Loenpia Xtreme Semarang

Ini adalah komunitas freestyle yang basisnya ada di Semarang. Lo yang tinggal di itu kota dan sekitarnya sabi banget untuk gabung ke itu komunitas. Di bahasan sebelumnya, gue udah sebutin kalo kominitas ini beranggotakan salah satu freestyle nasional kenamaan, yaitu: Ghani Grimaldi.

Lo juga bisa belajar sejumlah teknik dasar freestyle bila ikut komunitas ini. Selain Ghani, komunitas ini juga udah ngirim beberapa anggotanya ke banyak kejuraan. Hasilnya nggak ngecewain. Empat di antara anggota komunitas ini udah menang piala dari ajang-ajang internasional. Entah itu yang ada di Ceko atau yang ada di Thailand.

Tips Belajar Freestyle

Sebelum nutup ini artikel, gue bakal ngasih beberapa tips belajar freestyle. Tips-tips ini bisa lo terapi saat lo pengen belajar freestyle sendirian. Tips-tips yang gue maksud adalah:

  • Cari jalanan yang lurus atau lapangan yang aman. Gue saranin untuk pilih jalanan yang udah dipakein aspal.
  • Usahain untuk nggak ngelakuin latian freestyle di jalanan umum. Ya kali!
  • Sebelum pake motor, lo bisa latian pake sepeda ontel dulu. Lo bisa praktekin beberapa teknik dasar lewat sepeda itu ampe lancar. Kalo udah, baru deh lo latian pake motor.
  • Untuk motor, gue saranin untuk pake motor bebek. Dan kalo lo latian pake tuh motor, lo harus setting gigi motornya ke gigi satu dan motornya lo majuin 20 km/jam.
  • Pastiin badan lo agak bungkuk ke depan. Ini harus lo lakuin agar badan lo nggak berat saat praktekin sejumlah teknik freestyle.
  • Kalo lo udah mulai jago, lo bisa nambahin kecepatan motor lo. Tapi jangan kenceng-kenceng, ye. Entar lo cilaka lagi!

Ntu dia bahasan soal serba-serbi freestyle motor Indonesia yang wajib lo tau. Semoga lo tambah pinter dan ngerti soal dunia freestyle di Indonesia. Kalo lo punya pertanyaan soal freestyle atau ada hal yang mau lo diskusiin, jangan lo simpen sendiri.

Mending lo kasih tau kita di kolom komen. Ya, nggak?

2 thoughts on “Freestyle Motor Indonesia Yang Wajib Lo Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *