Menjadi Freestyle Motor Wanita
Menjadi Freestyle Motor Wanita

Freestyle Motor Wanita Indonesia & Dunia? Begini Caranya

Posted on

Freestyle motor nggak cuma milik cowok-cowok doang. Kamu yang cewek pun berhak untuk belajar dan ngelakuin freestyle motor. Siapa tau, kamu bisa jadi freestyle motor profesional wanita Indonesia yang bisa berprestasi, entah itu di negara kita maupun internasional.

Tips Cara Menjadi Freestyle Motor Wanita Indonesia

Kalo kamu niat jadi freestyler motor wanita Indonesia, kamu wajib baca artikel ini ampe beres. Di sini, kami bakal ngasih kamu beberapa tips untuk ngewujudin impian kamu. Biar kamu nggak penasaran, langsung aja baca tips kami di bawah ini:

  1. Cari Tempat Yang Tepat
    Tempat latian yang tepat bakal bikin kamu maksimal belajar freestyle motor. Sebagai rekomendasi, pilihlah jalanan yang sepi dan beraspal. Kami nggak nyaranin kamu untuk latian di jalan umum. Kamu nggak mau ‘kan ketabrak kendaraan umum pas lagi enak-enaknya latian?
  2. Jangan Langsung Pake Motor
    Jangan buru-buru langsung pake motor saat kamu pertama kali latian. Ini dilakuin biar motor yang kamu pake tidak rusak. Sebagai gantinya, kamu bisa memakai sepeda ontel terlebih dahulu.
  3. Mulailah Memakai Motor Bebek
    Tips ini dilakukan bila kamu sukses melakoni tips pertama. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan tips ini. Tips-tips itu adalah:
    • Untuk tahap awal, kamu harus mengatur motormu dalam gigi 1, dan kemudikanlah motor dalam kecepatan 20 km/jam.
    • Posisi badan sebaiknya agak membungkuk ke depan, agar lenganmu tidak terlalu berat selama menekan stang.

Teknik Dasar Freestyle Motor Yang Patut Kamu Kuasai

Selain melakoni tips-tips di atas, kamu juga perlu menguasai beberapa tekni dasar freestyle motor. Ada tiga teknik dasar yang wajib dikuasai. Ketiga teknik itu adalah sebagai berikut:

Stoppie

Ini adalah teknik dasar yang dilakukan dengan cara mengangkat bagian ban belakang motor. Kunci kesuksesan teknik ini adalah perputaran motor sebanyak 180 derajat. Agar bisa maksimal dalam ngelakuin teknik ini, kamu bisa terapin sejumlah langkah langkah di bawah sini:

• Jalankan motor secara perlahan hingga speedometer mencapai angka 40 km/jam.

• Tekan rem depan sampai bagian ban belakang mulai terangkat. Sambil tekan rem, kamu bisa condongkan badan ke arah depan sambil menekan bagian setang motor.

• Lepas rem depan perlahan demi perlahan bila bagian moor sudah naik ke atas. Pastikan untuk menjaga keseimbangan tubuh dan motor dengan cara menggerakkan badan ke kiri dan kanan.

• Agar teknik ini bisa kamu kuasai, kamu harus melatihnya di lapangan aspa yang bersih dari pasir dan bebatuan. Hal ini patut diperhatikan agar kamu nggak selip saat sedang berlatih.

Wheelie

Ini adalah teknik yang dilakuin dengan cara ngangkat ban depan motor, sambil tetap menjalankan motor dengan gas. Seperti teknik sebelumnya, teknik ini juga perlu dilakuin dengan sejumlah langkah, yakni:

• Bungkukan badanmu ke arah depan, dan injaklah rem belakang dengan kakimu.

• Buka gas agak sedikit besar, masukkan gigi I, dan tegakkan kembali badanmu. Jangan lupa untuk menarik sekuat mungkin setang motor, sambil memastikan ban bagian depan telah naik. Kalau sudah naik, kamu harus segera memperkecil putaran gas motor.

• Pastikan tubuh dalam posisi yang seimbang, agar kamu tidak mudah jatuh saat melatih teknik ini.

• Tekan rem belakang perlahan, bila kamu hendak menurunkan ban motor depanmu yang sudah terangkat. Setelah itu, naikkan sedikit putaran gas agar bantingan ban depan motor ke aspal tidak terlalu keras.

Burnt-Out

Merupakan teknik freestyle motor yang dilakuin dengan cara memutar belakang hingga ban itu mengeluarkan asap. Untuk ngelakuinnya, kamu harus menekan rem bagian depan, serta memutar gas secara penuh.

Agar teknik ini makin lancar kamu kuasain, kamu mesti ngikutin langkah-langkah berikut.

• Posisikan kedua kaki kamu untuk menyentuh tanah.

• Naikkan gas secara perlahan-lahan. Sambil naikkan gas, kamu mesti pegang rem depan agas motor tidak selip.

• Bila sudah, naikkan gas lebih cepat, hingga ban bagian belakang mengeluarkan asap. Kalau sudah, kamu harus langsung menurunkan gas tersebut.

• Lakukan langkah-langkah di atas secara rutin, agar kamu makin mudah kuasain teknik ini.

Menjadi Freestyle Motor Wanita
Menjadi Freestyle Motor Wanita

Freestyle Motor Wanita Yang Terkenal

Sebelum menutup artikel ini, kami bakal ngasih kamu beberapa nama freestyle motor wanita yang terkenal. Siapa tahu di antara mereka bisa kamu jadiin panutan dalam ber-freestyle ria. Mau tahu siapa saja mereka? Yuk langsung simak aja di bawah sini:

  1. Jessica Maine

Wanita yang akar disapa “smalls” ini udah belajar motor sejak umurnya masih 7 tahun. Dia dikenal di kalangan freestyle berkat gaya Rolling Stopie yang sering dia lakuin. Gaya tersebut merupakan pengembangan dari teknik stopie. Sempat mengalami cedera parah pada 2005, dia kini masih eksis di ranah freestyler motor.

2. Dena Sodano

Cewek satu ini udah ngelakuin freestyle motor sejak usianya masih 17 tahun. Freestyler asal Amerika Serikat ini sedari belia selalu melatih kemampuannya di depan rumahnya sendiri. Selain mengikuti sejumlah ajang freestyle, Sodano juga sering menjadi stuntwoman di berbagai film.

Mulai dari Sin City: A Dame to Kill, hingga The Highwaymen. Bahkan, dia pun juga pernah menjadi stuntwoman di film-film Marvel dan DC. Di Marvel, dia menjadi stuntwoman untuk Scarlett Johansson di dua film terakhir Avanger: yaitu Infinity War dan Endgame.
Sementara di DC, dia menjadi stuntwoman di empat film DC berbeda. Birds of Prey, Doom Patrol, Stargirl, dan Watchmen adalah empat film yang dimaksud.

3. Lina Nadijee Maulany

Kalau yang satu ini adalah freestyle motor wanita asli Indonesia. Bakat freestyle kelahiran Tasikmalaya ini udah keliatan saat dirinya masih kelas 6 SD. Saat itu, dia sering sekali bawa sejumlah motor koleksi ayahnya. FYI, ayah Nadijee sendiri merupakan seorang pemilik showroom motor.

Hampir semua anggota keluarganya setuju agar Nadijee menekuni freestyle motor. Hanya kakeknya saja yang saat itu agak melarangnya. Walau begitu, dia tetap menekuni freestyle motor dan terus rajin berlatih.

Sejumlah teknik freestyle motor dikuasain dengan baik. Mulai dari Stopie dan Wheelie, hingga Stand Up Wheelie yang merupakan pengembangan dari Wheelie.

Walau jago freestyle motor, cewek kelahiran 6 Juli 1998 ini rupanya takut naik motor di jalan raya, lho. Ini dikarenakan sejak kecil dia lebih sering latian di lapang dibanding jalan raya. Jadi, dia nggak biasa dan takut bila harus mengendarai motor di jalanan.

Selain berprestasi di bidang freestyle motor, cewek asli Tasik ini juga ingin sekli menjadi pengacara profesional.

Itu dia tips menjadi freestyle motor wanita Indonesia, serta informasi-informasi lainnya yang nggak kalah menarik. Semoga bisa bermanfaat, terutama untuk kamu yang minat jadi freestyle wanita Indonesia kayak Lina Nadijee.

Kalau kamu punya pertanyaan dan saran, yuk sampein ke kami lewat kolom komentar. Tiap saran dan pertanyaan kamu sangat berarti buat kami. Ditunggu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *