Jenis-Motor-Touring
Jenis-Motor-Touring

Jenis Motor Touring Dari Klasik Hingga Matic

Posted on
Jenis-Motor-Touring
Jenis-Motor-Touring | Foto: Liputan 6

Jenis Motor Touring

Motor touring ini mempunyai banyak jenis. Seperti motor klasik dan motor matic adalah dua contoh diantaranya. Di artikel ini, lu bisa menyimak kedua jenis motor touring tersebut bersama contoh-contohnya. Jadi, lu pun bisa tahu bentuk dua jenis motor tersebut dan lu pun jadi nggak bingung untuk beli salah satunya.

Touring — entah tourjib (tour wajib) atau tourgab (tour gabungan) —adalah sebuah keharusan. Apalagi, jika lu adalah seorang anak motor sejati. Touring nggak akan bisa kesampaian jika lu nggak punya motor touring yang asik. Jadi, sebelum ikutan touring, pastikan lu punya motor touring lu sendiri.

Tanpa banyak ngomong lagi, simak aja pembahasan di bawah sini:

Motor Touring Klasik

Pas kayak namanya, ini adalah motor touring yang bodinya klasik banget. Ada lima motor yang bisa dibilang motor touring klasik. Ke lima jenis motor itu adalah:

  1. Triumph Bonneville
    Temen-temen lu yang genk motor pasti kenal dengan motor yang satu ini. Motor keluaran Inggris ini mempunyai tampang yang dominan berwarna hitam. Untuk mesin, motor ini dibekali dengan tenaga sebesar 54 Hp/5.900 rpm.
    Tenaga segede itu bikin motor ini cocok banget untuk dipakai touring. Motor ini juga punya torsi sebesar 80 Nm yang bikin dia enak banget dipakai buat nanjak. Walau wajahnya terkesan klasik, namun motor ini dibekali dengan fitur-fitur yang modern dan canggih. Mulai dari ABS sampai speedometer yang modern banget.
  2. Royal Enfield 650 Interceptor
    Motor ini juga diproduksi di negara yang sama dengan Triumph: Inggris. Pabrik yang bikin motor ini konon udah ada sejak 1901. Cukup tua juga, ya?
    Soal mesin, motor touring ini dibekali 648 cc SOHC. Mesin ini punya sistem air-oil cooled yang bikin motor ini unya tenaga sebesar 47.65 Hp/7100 RPM. Ini yang bikin motor ini sangat cocok untuk dipakai touring ke mana aja.
    Yang bikin istimewa ini motor, bukan cuma mesinnya doang. Dari tampilannya juga terkesan rider friendly. Lu bakalan berasa kayak anak motor sejati, saat lu mengendarai motor ini buat touring bareng temen.
  3. Moto Guzzi V7
    Ciri khas dari motor ini adalah warna hitamnya yang dominan disekujur body, dengan mesinnya yang berjenis V-twin bor. Mesin itu punya tenaga 744 cc bersistem longitudinal mounted. Mesin itu bisa ngasilin tenaga sebesar 52 Hp/65 rpm, serta torsi sebesar 60 NM/4.900 rpm. Tentu akan membuat nyaman banget nih buat dipakai touring.
    Mesin itu makin maksimal dayanya berkat adanya OHV 2 valves pushrods dan rockers yang dibikin dari light alloy.
    Tampilan motor ini boleh aja klasik. Tapi, fitur-fiturnya sudah ada yang tergolong modern. Fitur-fitur itu adalah:
    a. Swing arm yang diberikan dari die cast light alloy.
    b. Velg dari lightweight alloy.
    c. Knalpot dengan 3-way catalytic converter dan double lambda probe.
    d. Rem depan dan belakang yang sudah dipakein stainless steel floating discs dengan bermbo caliper.
  4. Yamaha SR400
    Kalau lu memang pecinta Yamaha sejati, ini motor layak elu beli. Motor Yamaha satu ini bener-bener dibuat seklasik mungkin, mulai dari tampilan sampe fitur-fiturnya. Dua fitur yang bikin motor ini kerasa klasik banget adalah rem tromol dan selahan engkol. Persis kayak motor bebek atau motor jadul.
    Soal mesin, ini motor punya mesin dengan kapasitas 399 cc SOHC. Mesin ini punya katup bertipe single cylinder. Mesin ini bisa ngasilin tenaga 24 Hp/6400 rpm dan torsi 28 Nm/5.500 rpm.
  5. Benelli Imperialle 400
    Persis kayak motor besutan Yamaha sebelumnya, motor ini juga punya tampilan yang betul-betul dijadulin. Ini bisa dilihat dari adanya aksen krom yang ada di hampir tiap sudut, lampu yang bulet bentuknya, ampe mesin yang masih pake pendingin udara.
    Motor yang sempat dipamerin di EICMA Milan 2017 ini punya mesin SOHC single dengan culinder 373,5 cc. Mesin ini punya fuel–injection yang mampu menghasilkan tenaga 19 Hp/5.500 rpm dan torsi 28 Nm/3.500 rpm. Kecepatan mesin itu semakin ciamik berkat adanya 5-speed gearbox yang sudah lulus Euro 4. Cocok banget nih dipake touring bareng temen-temen dengan kecepatan yang yahud dan mantap.

Motor Touring Matic

Persis dengan namanya, ini adalah jenis motor touring dengan isian mesin matic. Jangan minder untuk memakai motor ini. Soalnya, sekarang sudah banyak orang dan komunitas yang sudah pake motor jenis ini untuk touring. Apalagi, motor touring matic sekarang sudah memiliki sejumlah fitur yang bikin nyaman untuk dipakai touring.
Ada tiga motor touring matic yang bisa lu pilih untuk dibeli salah satunya. Tiga motor touring matic itu adalah:

  1. Yamaha Lexi
    Dari tampangnya, lu bakal ngira kalau ini adalah Yamaha Nmax. Ini nggak lepas dari tampilannya yang mirip dengan salah satu jenis motor Yamaha tersebut. Yang membedakan Lexi dengan Nmax adalah mesinnya yang punya kapasitas 125 cc, dan adanya teknologi Bluecore di dalam mesin tersebut.
    Dengan adanya Bluecore bikin motor ini hemat tenaga. Cocok nih buat lu yang pengen punya motor touring yang hemat bahan bakar. Selain hemat bahan bakar, motor ini juga mempunyai jok dan pijakan yang gede, sehingga lu pun jadi nyaman saat pake motor ini.
  2. Honda Vario 125/150 CC
    Sama kayak motor sebelumnya, motor ini juga hemat bensin. Selain hemat bensin, motor ini juga bisa nampung bahan bakar hingga sebanyak 5,5 liter. Kalau lu kepengin touring dengan jarak yang jauh banget, motor ini bisa jadi pilihan yang tepat. Soalnya, ini motor bisa melaju sejauh 46,9 km/l hingga 51,7 km/l, jadi sangat irit.
    Motor ini juga cocok banget untuk lu yang mau touring sambil bawa barang banyak. Soalnya, ini motor punya bagasi yang luas, sehingga lu bisa menyimpan barang sebanyak mungkin.
  3. Suzuki Burgman 200
    Motor ini juga cocok buat lu yang pengen pakai motor yang hemat bensin, serta bisa diajak touring dengan jarak yang jauh. Ini nggak lepas dari kapasitas mesinnya yang nyampe 200 cc, dan tangkinya yang bisa nampung 10,5 liter bahan bakar.
    Secara bodi, motor ini cukup gede. Kendati gitu, lu tetep bisa bawa ini motor dengan baik dan nyaman. Motor ini juga tangguh, sehingga bisa dipakai di segala jenis medan. Nggak Cuma cocok dipakai sebagai motor touring, ini motor juga cocok dipakai oleh kalangan profesional. Hal itu nggak lepas dari desain bodinya yang begitu stylish dan elegan.
    Di pasaran, motor touring matic ini lumayan dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Sebanding dengan kapasitas dan kelebihan yang ada pada motor ini.

Itu dia pembahasan soal jenis motor touring. Semoga bisa ngebantu lu buat nambah wawasan soal motor touring. Atau, juga bisa bantu lu bila nanti lu beli motor buat touring.

Ngomong-ngomong, lu ada acara touring bareng temen-temen, nggak? Atau, lu justru pernah punya pengalaman touring yang nggak bisa dilupain? Apapun itu, yok cerita ke kita lewat kolom komentar di bawah!

3 thoughts on “Jenis Motor Touring Dari Klasik Hingga Matic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *