Kegiatan Komunitas Motor
Kegiatan Komunitas Motor

Kegiatan Komunitas Motor Yang Wajib Kamu Tahu

Posted on

Agar Tidak Sentimen, Pahami Kegiatan Komunitas Motor Berikut!

Racing King – Awalnya, hanya terlihat beberapa kendaraan roda empat yang melintasi salah satu jalan di pusat kota. Tiba-tiba, terdengar kencang deru motor mulai memecahkan kesunyian. Iring-iringan rombongan yang melakukan kegiatan komunitas motor seperti ini kerap terlihat saat week end.

Beberapa orang mulai menolehkan kepala ke arah yang sama. Segerombol orang dengan motor masing-masing mulai menyapa dengan senyuman. Beberapa orang lebih memilih untuk berjalan santai sembari menghirup aroma pagi. Suasana yang tidak akan diperoleh ketika berkutat pada setumpuk pekerjaan, seperti enam hari sebelumnya yang dilalui dengan penat.

Apa yang terbersit pada pikiran Kamu saat melihat rombongan motor tersebut? Apakah Kamu berpikir bahwa mereka adalah geng motor yang ingin mengusik ketenangan? Mulai sekarang, cona rubah pandangan pada sekelompok orang tersebut. Lihat, pahami, dan rasakan kegiatan mereka. Maka tidak akan ada lagi buruk sangka di segumpal hati.

Lalu, apa saja yang menjadi kegiatan komunitas motor? Apakah sekadar pamer kekayaan di jalanan saja? Mari simak ulasan berikut!

  1. Melatih Kemampuan
    Umumnya, para pecinta motor gemar menyisir jalanan. Terkadang timbul rasa penasaran bagaimana kemampuan mereka dalam menaklukkan jalan. Untuk itulah beberapa di antara anggota (sering kita kenal dengan sebutan member) melakukan balapan. Tapi para members balapan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tidak mengganggu sama sekali. Mereka akan mencari arena balap dan mengadu kemampuannya di sana menggunakan motor masing-masing. Bukan seperti aksi balapan di jalan umum yang sering meresahkan masyarakat, ya!
  2. Touring
    Ada saatnya sebuah komunitas melakukan touring ke daerah tertentu. Tujuan touring biasanya ke daerah yang memiliki daya tarik tersendiri, seperti keindahan alam, memiliki budaya dan adat yang masih kental, bertemu penduduk sekitar, dan lain sebagainya. Daerah tersebut sudah dibicarakan terlebih dahulu dan sudah mencapai kesepakatan masing-masing. Pada komunitas motor, ada yang dikenal dengan turjib (tur wajib) dan turgab (tur gabungan). Untuk turjib, setiap member wajib ikut sedangkan turgab tidak.
    Manfaat yang dapat dipetik dari touring adalah menyalurkan hobi dalam perjalanan jarak dekat ataupun jauh. Keteraturan ketika melakukan perjalanan akan dapat terlihat, apakah terorganisir dengan baik.
  3. Memberikan Contoh Berkendara Yang Baik
    Angka kecelakaan yang terjadi di Indonesia cukup tinggi. Mengapa demikian? Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kesadaran para pengendara dalam memperhatikan peraturan lalu lintas. Peraturan seperti memakai helm atau menaati rambu-rambu lalu lintas bagaikan dianggap angin lalu. Akhirnya celaka yang berujung maut pun tak terelakkan.
    Beberapa komunitas motor sudah mempraktikkan berkendara yang baik. Mereka turun ke jalanan tanpa melanggar ketertiban. Kegiatan positif ini mendapat acungan jempol dari berbagai pihak. Bahkan polisi tidak segan untuk mengundang mereka pada kegiatan safety riding. Karena banyak yang mengagumi mereka, satu-persatu mulai menerapkan tertib berkendara. Semua karena kegiatan komunitas motor yang menjadi panutan masyarakat, khususnya anak muda.
  4. Aksi Kemanusiaan
    Members komunitas motor selalu cepat tanggap pada berbagai musibah yang menimpa saudara di Indonesia. Jika ada yang terkena bencana alam, mereka akan turun ke lapangan. Jika tidak bisa karena jarak jauh, minimal mengumpulkan donasi untuk diberikan pada korban. Jika ada pasien yang butuh golongan darah, para members akan mendata orang yang sesuai kriteria untuk menjadi seorang pendonor. Jika ada yang kelaparan, mereka akan bergerak untuk memberikan makanan. Masih sangat banyak aksi kemanusiaan yang termasuk kegiatan komunitas motor dan tidak dapat ditulis satu-persatu. Melalui motor masing-masing, mengalirlah kebaikan-kebaikan dari aksi tersebut.
  5. Mendekatkan Diri Pada Tuhan
    Kegiatan komunitas motor tidak hanya mengenai urusan dunia. Secara psikologi, kegiatan komunitas motor juga menjadi penyambung pada tuhan. Melihat keadaan saudara-saudara yang tidak lebih baik daripada members, kemungkinan terbitlah rasa syukur pada karunia yang telah diterima. Melalui tur yang dijalani, terbitlah rasa betapa tidak berartinya seseorang dibandingkan kebesaran tuhan dalam menciptakan alam semesta.
    Terkadang, ada juga beberapa komunitas yang mengadakan kegiatan ibadah. Members diajak untuk berkomunikasi dengan tuhan melalui kegiatan tersebut. Untuk muslim, ada komunitas motor yang mengadakan pengajian dan mengunjungi pesantren. Hal ini menjadi catatan baik sebagai tabungan untuk akhirat nanti.
  6. Cinta Tanah Air
    Siapa bilang komunitas motor hobi membuat ricuh? Malah selain membantu polisi dalam safety riding, kegiatan komunitas motor juga sangat cinta tanah air. Tampak dari pelaksanaan upacara kemerdekaan atas inisiatif sendiri oleh sesama member. Komunitas motor juga giat mengenalkan alam dan budaya Indonesia pada dunia. Mereka selalu berperilaku baik apalagi ketika tur ke luar negeri, demi menjaga nama bangsa.
  7. Wadah Berbagi Ilmu
    Salah satu alasan masuk sebuah komunitas adalah adanya ketertarikan yang tinggi pada motor yang digunakan para anggota. Terkadang seseorang mempunyai motor tapi belum tentu paham seluk-beluknya. Ia tidak tahu hendak berbuat apa jika terjadi kerusakan pada benda kesayangan itu. Akhirnya ia pergi ke suatu bengkel yang ternyata mengganti onderdil motor dengan barang palsu tanpa sepengetahuan orang tersebut. Namun jika ia bergabung dalam komunitas motor, akan tersedia tempat untuk berdiskusi. Para members yang sudah senior tidak akan pelit membagi ilmunya.
    Dari ilmu yang sedikit demi sedikit diperoleh, lama-lama ia bisa paham. Bahkan mungkin bisa memperbaiki sendiri, sebab ia sudah mengerti akan motornya dari A sampai Z. Kegiatan komunitas motor ini bisa berlangsung kapan saja dan di manapun berada.
  8. Mempererat Persaudaraan
    Persaudaraan antara sesama members sudah tidak diragukan lagi. Susah senang ketika melakukan tur sudah menjadi bukti kuatnya kekeluargaan mereka. Jika seorang members tengah sakit atau motornya rusak, maka member lain tidak boleh meninggalkan. Mereka akan membantu sebisa mungkin sampai masalah tersebut selesai. Bahkan jika kondisi tidak memungkinkan, tur tidak akan dilanjutkan.
    Pengurus komunitas juga akan menilai seseorang ketika masih berstatus calon anggota. Apakah ia egois atau tidak, pedulikah ia pada orang lain, bagaimana mengontrol perasaannya pada perlakuan orang lain, dan semua hal yang menyangkut sikap kekeluargaan. Hal ini menjadi pertimbangan penting. Karena semua anggota komunitas adalah saudara, tidak boleh ada perbedaan.
Kegiatan Komunitas Motor

Salah satu kegiatan komunitas motor adalah kopdar (kopi darat). Terkadang beberapa orang bercengkrama sembari membahas hal-hal ringan. Tak sedikit yang bercerita dan mengundang simpati members lainnya. Mereka akan bersama-sama mencari permasalahannya.

Contohnya, ada motor seorang member yang dicuri. Tak lama kemudian, berita tersebut akan menyebar dengan cepat. Karena merasa saudara, member lainnya akan ikut membantu pencarian. Karena prinsip mereka, jika satu member sakit, yang lain akan merasakan hal serupa.

Sungguh tidak menyangka bukan kegiatan komunitas motor ini mulia sekali? Coba bandingkan dengan diri sendiri, apakah kita sudah berbuat seperti mereka? Mari ubah cara berpikir pada komunitas motor mulai sekarang. Siapa tahu hanya mereka yang dapat menolong kita suatu hari nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *