Knalpot-motor-ngebul
Knalpot ngebul

Knalpot Motor Ngebul, Ini Penyebabnya

Posted on

Apa Sih Penyebab Knalpot Motor Ngebul? Ada beberapa penyebab knalpot pada kendaraan bermotor ngebul. Berikut Jawabannya!


Tidak semua pengguna sepeda motor tahu apa yang menyebabkan knalpot ngebul. Sebenarnya hal ini terjadi oleh beberapa hal, salah satunya karena ada kerusakan pada bagian dalam. Hal inilah yang memunculkan asap timbul dari bagian ruang yang telah terbakar tersebut. Asap putih yang keluar terjadi sebab pelumas atau oli masuk ke dalam ruang bakar. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab knalpot motor ngebul.

  1. Ring Piston Lemah
    Sepeda motor ngebul sebab ring piston di dalamnya sudah melemah. Bisa karena masa pakai atau pelumasan yang tidak baik. Ring piston ini sendiri memiliki fungsi menjaga kompresi dan juga menyapu oli pada dinding liner supaya tidak masuk sampai ruang bakar. Saat ring piston melemah, kompresinya pasti menurun, menyebabkan oli masuk ke ruang bakar hingga menyebabkan semuanya terbakar. Alhasil motor jadi ngebul berikut tenaga mesinnya menjadi loyo.
  2. Seal Klep Rusak
    Seal Klep juga menjadi salah satu penyebab knalpot ngebul. Seal ini sendiri berada di antara head silinder dan paying klep. Saat getas atau oli robe, maka ia akan menyelinap ke dalam ruang bakar hingga terbakar bersamaan dengan bensin. Seal klep getas sebab terlalu sering dipakai atau penggunaan terlalu berlebihan. Setiap bagian juga memiliki masa pakai. Alhasil kamu harus mengganti seal klep ketika membongkar head silinder.
  3. Blok Silinder Baret
    Blok Silinder juga menjadi salah satu penyebab knalpot ngebul. Biasanya blok sudah baret sehingga memudahkan oli bisa dengan mudah menyusup dari bawah ke ruang bakar. Blok silinder baret ini sama seperti kerusakan yang terjadi pada ring piston, yakni pelumas sudah buruk atau terlambat mengganti oli.
  4. Bosh Klep Goyang
    Bosh klep goyang mirip dengan kerusakan yang terjadi pada Seal klep. Ketika bosh klep oblak maka hal ini menyebabkan oli masuk ke dalam ruang bakar. Biasanya ditandai dengan suara motor jadi berisik hingga ngebul.
knalpot-motor-ngebul
Knalpot ngebul

Saat Motor Masih Baru Namun Sudah Ngebul

Asap yang keluar dari motor ada yang berwarna putih atau hitam. Pernah merasakan motor demikian? Saat hal ini terjadi, sangat tidak mengenakkan. Apalagi kalau motor masih terbilang baru. Lantas apa yang menyebabkan hal ini terjadi?

Sebenarnya knalpot mengepul biasa disebut dengan fogging. Dua penyebab hal ini terjadi, antara lain:


• Terjadinya proses pembakaran pada mesin namun tidak maksimal. Bensin yang masuk tidak dibakar secara sempurna, alhasil udara di dalamnya kurang. Untuk mengatasinya, kamu harus menyetel ulang ECU (Electronic Control Unit).


• Saat asap putih yang muncul, maka oli mesin telah naik dan telah masuk ke ruang bakar. Sehingga oli juga turut terbakar. Penyebab oli masuk ke ruang bakar adalah ring piston yang telah kering, seal klep aus, klep bocor, atau piston baret.

Ketika sepeda motor mengeluarkan asap putih, khususnya pada motor bersistem injeksi atau kaburator, penanganan yang bisa kamu lakukan tidak jauh berbeda. Misal, saat ring piston telah aus sebab digunakan dalam waktu lama, maka kamu wajib menggantinya. Apalagi motor terlalu sering digunakan, bahkan ring piston belum diganti lebih dari satu tahun. Namun ketika piston baret sebab oli terlambat diganti, maka piston harus ditukar dengan yang baru.

Ganti piston sesuai dengan dinding silinder yang juga ikut mengalami goresan. Sedangkan saat seal klep getas atau keras, itu artinya masa pemakaian telah lewat. Solusinya tetap harus diganti. Kecuali klep kotor dikarenakan adanya kotoran sisa pembakaran atau kerak pada dinding klep. Mau tak kamu harus mengskir ulang klep supaya skir ulang menjadi awet. Yang terbaik adalah dengan memilih komponen yang tidak akan mengalami pengikisan.

Knalpot Ngebul, Apakah Buruk?

Banyak dari kita yang beranggapan knalpot ngebul pada sepeda motor merupakan salah satu pertanda buruk.
“Ya iya, dong. Motor masih terbilang baru tapi sudah berasap. Pasti suatu hal buruk pada motor ini telah terjadi!”
“Yang namanya motor berasap pasti tidak bagus!”
“Motor berasap membuat tampilannya jadi buruk!”

Pernah tidak kamu mengeluh demikian? Saya sendiri sebagai salah satu pemilik sepeda motor pernah mengeluhkan hal sama. Siapa sih yang tidak kesal motornya mengeluarkan asap? Zaman sekarang, kan, sudah jarang ditemukan motor berasap. Motor berasap membuat pengemudi lain terganggu.


Nah, sama seperti saya, banyak orang di luar sana yang beranggapan kalau asap yang keluar dari sepeda motor itu buruk sekali. Tapi ada yang menyebutkan kalau knalpot ngebul bukan sesuatu pertanda buruk, lho. Iyakah? Kok bisa?


Jadi, bila pada motor 2-tak asap putih tidak keluar, maka hal ini termasuk bagus sebab telah terjadi pembakaran pada oli samping. Bila asap tidak keluar, mesin akan macet sehingga kamu akan mengeluarkan banyak uang untuk memperbaikinya.


Oli samping pada motor 2-tak memiliki fungsi boring, melumasi seher, setang seher, sekaligus kruk as. Kecuali pada motor balap sebab asap lebih sedikit dan oli samping sudah bagus karena hanya beberapa putaran saja. Seandainya motor balap digunakan setiap hari, hal ini bisa menyebabkan terjadinya jebol dengan cepat.


Pada motor 4-tak, asap yang keluar bukan juga hal buruk. Biasanya asap yang keluar, khususnya berwarna hitam, menandakan di dalam motor sudah terlalu banyak bensin dengan pemakaian cukup boros. Filter udara di dalamnya menjadi kotor. Kamu hanya perlu mengganti atau membersihkannya. Nah, beda lagi bila asap yang keluar berwarna putih. Itu artinya seal klep atau ring piston telah melemah. Saat seal klep dan ring piston melemah, maka oli akan masuk ke ruang bakar. Alhasil knalpot motor 4-tak turut berasap seperti motor 2-tak.


Saat ring piston atau seher melemah, motor digeber rpm menjadi tinggi, sehingga knalpot sukses mengeluarkan asap. Asap akan keluar bila ring piston telah melemah. Adapun warna asap yang dihasilkan adalah putih. Alhasil ring seher tidak mampu lagi menahan pli hingga ke ruang bakar. Volume oli akhirnya berkurang secara drastis. Bila ring sudah melemah, solusi akhir mengganti dengan yang baru. Baret juga harus diganti agar lebih baik.

Untuk mengetahui ring piston melemah adalah dengan mencolek bibir ujung knalpot. Saat oli ditemukan basah, itu artinya ring piston sudah melemah. Selain itu, motor 4-tak berasap juga mampu disebabkan oleh seal klep. Yang namanya seal, tidak bisa digunakan bertahun-tahun sebab ada masa hidupnya. Bila keseringan kena panas mesin, maka bisa sobek sekaligus getas. Saat bocor, motor akan berasap ketika dingin, namun bila dikendarai akan menghilang. Bocornya seal klep juga bisa berefek pada mesin hingga tak lagi bertenaga.


Demikian beberapa informasi seputar knalpot ngebul. Semoga bermanfaat bagi kamu ya. Jadi, jangan salah kaprah lagi seputar knalpot ngebul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *