Komunitas Motor Besar Indonesia
Komunitas Motor Besar Indonesia

Komunitas Motor Besar Indonesia Yang Wajib Kamu Tahu

Posted on

Punya Motor Besar? Ayo Gabung Komunitas Ini!

Bikers suka berkelana dengan motor besar sendirian? Ayo gabung dengan komunitas motor besar Indonesia! Bikers bakal berkenalan dengan teman-teman yang punya hobi sama. Sebagai pecinta motor besar, pasti lebih senang karena sekubu. Bikers juga bakal diajak tour dan menciptakan rasa persaudaraan yang erat.

Tunggu apa lagi, segera gabung dengan komunitas motor besar. Akan tetapi sebelum daftar, alangkah baiknya baca dulu ulasan berikut agar tidak salah pilih.

  1. Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI)
    IMBI sudah berdiri sejak tahun 1987 dan termasuk salah satu organisasi motor besar. Kurang lebih seribu anggotanya tersebar di seluruh Indonesia. Syarat untuk bergabung dengan IMBI adalah memiliki motor berkapasitas besar, minimal 400 cc. Untuk penerimaan anggota, tidak memandang perbedaan. Semua dianggap serupa oleh komunitas motor besar di Indonesia yang satu ini. Saat ini, Komjen Pol. Drs. M. Irawan, SH.MM.MH menggenggam amanah sebagai ketua pusat. Di bawah naungannya, berdiri perwakilan beberapa orang yang menangani bidang masing-masing, seperti bidang touring dan event, pendidikan dan pelatihan, hubungan daerah dan anggota, organisasi, sosial dan lingkungan, kesehatan, serta usaha dana dan sponsor.
    Alasan agar Kamu memilih IMBI yakni kegiatan positif yang selalu ditebarkan. Seorang anggota IMBI bukanlah bertujuan pamer di jalanan, tapi mengedarkan aksi solidaritas. Tidak hanya pada sesama anggota, tapi IMBI juga menaburkan benih kebaikan pada masyarakat yang membutuhkan. Berbagai bakti sosial dan aksi kemanusiaan telah dilakukan IMBI. Selain itu, ketika melakukan touring, tujuan IMBI adalah agar bisa menyatu dengan alam dan meningkatkan rasa persaudaraan sesama rombongan. Sebagai bahan pertimbangan, anggota IMBI sudah pernah melakukan touring ke India.
  2. Komunitas Motor Besar Indonesia (MBI)
    Komunitas Motor Besar Indonesia lahir pada tahun 2018. Walaupun belum lama berdiri, tapi MBI sudah memiliki anggota di beberapa daerah sehingga menjadikan Jakarta sebagai MBI pusat. Komunitas ini menerima anggota dari semua jenis motor, asalkan di atas 400 cc. Menariknya, salah satu komunitas motor besar di Indonesia ini menerima anggota wanita. Jadi bagi wanita yang ingin menyalurkan hobi turing dengan motor besar, bisa mendaftar pada MBI ya.
    Komunitas Besar Indonesia (MBI) melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi orang lain. Seperti bakti sosial, safety riding, dan masih banyak lainnya. Tujuan salah satu komunitas motor besar di Indonesia ini adalah menjadi wadah untuk melakukan hal positif.
  3. Motor Besar Club (MBC) Indonesia
    MBC merupakan komunitas motor besar di Indonesia yang didirikan pada tahun 1998. Beranggotakan hingga dua ribu orang. Wilayah yang sudah diduduki MBC sekitar empat puluh satu bagian, termasuk Los Angeles, Brunei Darussalam, dan Malaysia. Jika Kamu ingin bergabung, harus punya motor di atas 400 cc ya. Jangan pinjam motor orang lain (bercanda).
    Alasan wajib mempertimbangkan komunitas ini adalah tidak ada anggota yang sombong di dalamnya. Kenapa? Karena di MBC, setiap anggota dilarang untuk membicarakan harta. Jadi diskusi apa yang boleh? Banyak! Terutama tentang motor, rencana touring, atau kegiatan pelestarian lingkungan yang sering dilakukan MBC.
  4. Komunitas Motor Besar B’Brother Indonesia
    B’brothers merupakan singkatan dari Bintaro brothers. Komunitas motor besar di Indonesia ini terwujud pada 19 Februari 2016. Motor para anggota B’Brothers adalah berbagai jenis Harley Davidson. Anggotanya sekitar tujuh puluh dan mayoritas berasal dari Bintaro Jaya. Tujuan utama B’Brothers adalah mengutamakan solidaritas dan persaudaraan.
    B’Brothers mencuri perhatian melalui touring ke dua negara, yaitu Malaysia dan Thailand pada tahun 2019 lalu. Rombongan terdiri dari dua puluh empat motor. Mereka sukses menempuh jarak 2.752 kilometer.
  5. Harley Davidson Club Indonesia (HDCI)
    Komunitas motor besar di Indonesia yang bernama HDCI ini sudah diakui sejak tahun 1990. Memiliki berbagai cabang yang tersebar di daerah Indonesia. Siapa yang menjadi anggotanya? Pasti sudah bisa ditebak oleh para Bikers! Mereka adalah orang-orang yang memiliki motor besar yang berasal dari Amerika Serikat. HDCI juga menerapkan ketegasan pada anggotanya agar selalu berada di jalan yang benar dan tidak membawa nama buruk komunitas.
    Walaupun bercita-cita menjadi komunitas motor yang setingkat dengan kelas dunia, tapi HDCI tidak lupa mengusung kearifan lokal di bumi pertiwi. Hal tersebut bertujuan untuk menarik minat wisatawan agar berkunjung ke Indonesia. Mulia sekali, ya?
    Selain touring, HDCI juga melakukan berbagai kegiatan positif. Kerap kali komunitas ini muncul di posko-posko bencana alam. HDCI juga membuka layanan jual beli onderdil agar para anggota tidak tertipu oleh penjual-penjual nakal di dunia pemasaran otomotif. Pada website HDCI pusat, para pengurus juga menyediakan formulir bagi perusahaan yang ingin menjalin kerja sama.
    Melalui beberapa manajemen yang baik tersebut, patutlah HDCI kita kagumi sebagai salah satu komunitas motor besar terbaik di Indonesia.
  6. Honda Gold Wing Club Indonesia (HGCI)
    Sesuai dengan namanya, salah komunitas motor besar di Indonesia ini mempunyai anggota tertentu. Khusus buat pemilik honda gold wing yang telah diproduksi sejak tahun 1974 saja yang boleh bergabung. Kenal sama honda gold wing ‘kan, Bikers? Ya, betul sekali! Honda gold wing adalah motor besar yang saat ini dipakai oleh paspampres. HGCI dibentuk pada awal tahun 2018. Di awal terbentuk, HGCI sudah beranggotakan lebih dari seratus enam puluh bikers yang disebut Goldwingers. HGCI juga sudah memiliki anggota dari luar Indonesia.
    Tak berapa lama dari dibentuknya komunitas ini, HGCI pun melakukan touring pertama pada bulan Maret di tahun yang sama. Tur tersebut diberi nama HCI Route to Pangandaran. Sekitar empat puluh motor turut menyemarakkan kegiatan tersebut.
    Tunggu apa lagi? Kamu bisa memilih HGCI jika ingin berdiskusi lebih dalam dengan sesama pemilik honda gold wing.
  7. Biker Brotherhood MotorCycle (BBMC)
    Komunitas BBMC telah dibentuk lebih dari tiga puluh satu tahun yang lalu atau tepatnya pada tahun 1988. Jejaknya dapat kita temukan pada BBMC yang tersebar di berbagai daerah. Selain Indonesia, anggota BBMC juga berada di Amerika, Malaysia, dan Singapura. Syarat untuk menjadi anggota BBMC adalah memiliki motor klasik di atas 400 cc. Jadi motor tersebut harus produksi di bawah tahun 1990 oleh Amerika Serikat, Eropa, atau Jepang. Terus, kalau belum punya motor klasik bagaimana? Tenang saja, Kamu boleh ikut selama memiliki ketertarikan tinggi pada motor tua dan lolos penilaian oleh tim BBMC. Tapi kamu hanya berstatus sebagai virgin members, belum bisa diangkat sebagai life members.

Komunitas motor besar ini tidak hanya touring, olahraga dan bakti sosial, melainkan juga melakukan kegiatan yang mengandung unsur keagamaan dan pendidikan. Kepedulian terhadap sesama dapat terwujud melalui salah satu komunitas motor besar Indonesia ini. Karena di Komunitas motor biasanya memiliki rasa kekeluargaan yang sangat tinggi.

Bagaimana? Sudahkah menentukan pilihan pada salah satu komunitas tersebut? Buat yang tidak berada di daerah pusat tetap bisa mendaftar karena setiap komunitas telah melebarkan sayapnya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *