Langkah Berlatih Atraksi Motor
Langkah Berlatih Atraksi Motor

Langkah Berlatih Atraksi Motor bagi Pemula

Posted on

Langkah Berlatih Atraksi Motor

Melakukan atraksi motor tidaklah sembarangan. Kamu harus melatihnya terlebih dahulu secara rutin sampe kamu jago ngelakuinnya. Ada beberapa langkah berlatih atraksi motor yang patut kamu tempuh agar kemampuan atraksi motor kamu sempurna.

Sejumlah langkah itu akan kami ulas dan kami kasih buat kamu lewat artikel kali ini. Adapun langkah berlatih atraksi motor yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Pilih Tempat Latihan Yang Tepat

Ngelatih kemampuan atraksi motor nggak bisa di sembarang tempat. Untuk itulah, mencari tempat yang tepat adalah langkah pertama yang harus kamu ambil. Adapun tempat yang cocok banget buat latihan atraksi motor adalah lapangan kosong.

Kenapa? Soalna, lapangan kosong relatif aman dan nggak akan ngeganggu orang lain yang lagi berkendara. Pastikan lapangan kosong yang kamu pakai nggak berlubang atau rusak, agar kamu nggak celaka pas latihan nanti.

2. Pilih Motor Yang Tepat

Selain tempat latihan, motor selaku alat latihan pun harus kamu perhatiin. Pastiin kalo motor yang kamu pakai proper untuk dipakai latihan atraksi motor. Pilihlah motor yang bodinya kurus dan ringan. Terlepas apakah motor tersebut motor bebek ataupun matic.

Motor yang ringan bisa bikin kamu mudah untuk melatih sejumlah manuver atraksi motor. Entah itu wheelie, stopie, ataupun teknik dasar atraksi motor lainnya. Kalau kamu belum pede pakai motor, sepeda pun juga bisa kamu jadikan alat untuk berlatih.

3. Mulai Dengan Gerakan Angka “8”

Jangan langsung melakukan teknik-teknik sulit saat pertama kali latihan. Sebagai gantinya, kamu bisa lakukan latihan sederhana dengan melakukan gerakan angka “8”. Gerakan ini dilakukan dengan cara mengendarai motor bolak-balik hingga membentuk pola angka 8.

Lakukanlah gerakan tersebut dengan kecepatan yang rendah. Kalau dirasa mulai terbiasa dan nyaman, kamu bisa naikkan kecepatan motor sambil melakukan gerakan tersebut. Kalau sudah mahir melakukan gerakan itu, kamu boleh langsung melatih tiga teknik dasar atraksi motor, yaitu:
• Wheelie : teknik mengangkat ban depan motor sambil tetap menjalankan motor itu sendiri.
• Stoppie : teknik mengangkat bagian ban belakang sambil menjalankan dan memutar motor 180 derajat.
• Burn-out : terknik mengerem bagian depan ban motor sambil memutar gas secara penuh, sampai bagian ban belakang mengeluarkan asap.
Untuk langkah-langkah melakukan tiga teknik dasar di atas, kamu bisa baca artikel Freestyle Motor Wanita Indonesia.

Jangan Lupa Memakai Alat-Alat Keselamatan

Selain berkendara di jalan raya, berlatih atraksi motor juga rentan terjadi kecelakaan. Untuk itulah, kamu harus pakai alat-alat keselamatan selama berlatih. Adapun alat-alat yang mesti dipakai adala helm full face, sepatu, dan protektor.

Selain lebih terlindungi, memakai alat-alat keselamatan pun juga membuat kamu berlatih dengan nyaman. Dengan begitu, kamu pun bakal lebih maksimal dalam melatih kemampuanmu beratraksi motor.

Kuasai Motor Yang Kamu Pakai

Salah satu kesulitan dalam latihan atraksi motor adalah penguasaan terhadap motor itu sendiri. seringkali para pemula terbawa oleh motor yang mereka pakai. Sehingga mereka pun kehilangan kendali dan bahkan terjatuh.

Untuk itulah, penguasaan akan pergerakan motor sangatlah penting dilakukan. Caranya, kenali betul setiap gerakan yang dilakukan motor kita. Entah itu saat maju, berbelok, berhenti, ataupun saat gasnya baru dinyalakan.

Langkah Berlatih Atraksi Motor
Langkah Berlatih Atraksi Motor

Motor Yang Cocok Dipakai Atraksi Motor

Kalau skil atraksi motormu sudah jago, kamu harus mulai memiliki motor yang proper. Memiliki motor yang proper bakal membuat atraksi motormu makin maksimal dilakukin. Ada empat rekomendasi motor yang bisa kamu pakai atraksi. Empat motor itu adalah:

Yamaha Xabre

Ini adalah motor yang sering dipakai oleh freestyler motor kondang, Wawan Tembong. Menurut dia, Yamaha Sabre sangat menunjang untuk dipakai atraksi motor. Motor keluaran Yamaha ini mempunyai Alumunium Rear Arm yang ringan namun berbobot. Kehadiran fitur itu membuat motor ini sangat stabil saat dipakai atraksi.

Selain cocok dipakai atraksi, motor ini juga cocok kamu pakai buat touring. Ini nggak lepas dari banyaknya fitur penunjang untuk melakukan hal itu. Mulai dari 6 speed engine, hingga mesin 4 langkah yang dilengkapi pendingin cairan.

Kawasaki KLX 150

Kalau kamu mau coba atraksi pakai motor trail, motor ini amat kami rekomendasikan. Selain harganya murah, motor ini punya banyak fitur penunjang yang buat ia bisa dipakai atraksi. Adapun fitur-fitur itu adalah:
• Suspensi Up Side Down yang membuat motor ini stabil dan nyaman saat dikemudikan.
• Ban belakang yang bertenaga besar, sehingga amat memudahkan kita dalam melakukan beberapa teknik atraksi motor. Tenaga tersebut tak lepas dari adanya mesin berteknologi SOHC 2-valves pada motor satu ini.

Nggak cuma dipakai atraksi, motor ini juga enak banget dipakai offroad. Ini tentu berkat adanya fitur-fitur yang udah kita sebutin di atas.

Honda Beat

Atraksi motor nggak harus pakai motor gede ataupun motor trail. Motor matic standar pun juga bisa kamu pakai. Salah satu di antaranya adalah Honda Beat. Motor ini punya bodi yang nggak terlalu gede sehingga enak banget buat dipakai atraksi.
Honda Beat juga punya beberapa fitur yang bikin dia cocok dipakai atraksi. Fitur-fitur itu adalah:
• Teknologi Alternating Current Generator (ACG) starter yang mampu meminimalisasi suara kasar pada mesin. Dengan diminimalisasinya suara mesin motor, kamu pun jadi lebih tenang saat pertama kali nyalain ini motor.
• Pengereman yang sudah tersistem CBS yang bikin kamu nyaman saat hendak bermanuver dengan rem motor.

Agar performanya yahud saat atraksi, kamu bisa melakukan modifikasi ringan pada motor ini. Dan bila mau memodifikasi ini motor, pastikan jangan modifikasi bagian mesinnya. Hal ini dikarenakan mesin motor ini sangat orisinil dan sangat kuat dipakai atraksi.

Adapun bagian yang bisa kamu modifikasi adalah knalpotnya. Kamu bisa mengganti knalpotnya dengan knalpot aftermarket.

Yamaha Mio S

Ini adalah motor matic lainnya yang bisa kamu pakai atraksi. Seperti hanya Beat, motor ini punya bodi yang nggak terlalu gede. Cocok banget dipakai buat atraksi motor. Varian Yamaha Mio ini juga murah harganya, sehingga nggak bakal bikin kantongmu meringis.

Kelebihan motor ini adalah joknya yang cukup tinggi. Kelebihan itu membuat kamu nggak kagok saat melakukan atraksi dengan motor ini. Yamaha Mio S juga cocok dipakai buat sehari-hari. Terutama, bila kamu harus bepergian di waktu malam. Ini nggak lepas dari lampu motornya yang udah dipasang LED, sehingga kamu pun bisa ngeliat jalan di gelapnya malam hari.

Sama seperti motor sebelumnya, kamu pun bisa memodifikasi ringan motor ini, terutama di bagian knalpotnya.

Itulah informasi soal tips berlatih atraksi motor, serta informasi lainnya yang nggak kalah menarik. Semoga bisa menambah wawasanmu, terutama saat melatih skil kamu dalam atraksi motor.

Sehabis baca artikel ini, kamu jangan tinggalin artikel ini begitu saja. Cobalah untuk memberi kritik, saran, atau pertanyaan tentang apapun, terutama soal atraksi motor. Kami tunggu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *