Motor Aman Dari Pencurian
Motor Aman Dari Pencurian

Motor Aman Dari Pencurian Dengan Mengikuti Tips Ini

Posted on

Pakai 16 Perangkat Ini Untuk Jalankan Tips Motor Aman Dari Pencurian

RacingKing – Pengguna sepeda motor kian hari kian bertambah. Semakin banyak  jumlah sepeda motor di Indonesia maka tingkat Pencurian kendaraan bermotor atau curanmor pun berbanding lurus. Agar aman dari pencurian, pemilik sepeda motor harus mengetahui bagaimana cara terbaik agar sepeda motor miliknya aman dari pencurian. Tentu tidak ada orang yang mau motornya kemalingan. Nah, dalam tulisan ini akan kita bahas seputar tips motor aman dari pencurian Kendaraan bermotor atau curanmor.

Menghindari pencurian wajib dilakukan agar kita tidak mengalami kerugian. Kalau dulu curanmor hanya terjadi di kota besar, sekarang bisa terjadi di mana saja. Sebab kejahatan sering kali terjadi bukan karena niat, namun ada kesempatan.

Sebenarnya supaya motor aman dari segala curanmor, kamu bisa menambahkan beberapa perangkat khusus. Apa saja perangkat khusus ini?

  1. Alarm

Alarm merupakan salah satu perangkat tambahan yang baik untuk digunakan agar terhindar dari curanmor. Kamu bisa meletakkan alarm pada sepeda motor pada bagian tersembunyi agar sulit ditemukan. Kalau bisa, hanya kamu yang tahu letak alarm ini. Alarm juga bisa diletakkan pada bagian tersembunyi yang aman dari paparan air hujan dan sinar matahari. Sehingga risiko pencurian lebih bisa diminimalisasi. Saat maling ingin mencuri motor, bunyi alarm ini pun muncul dengan suaranya yang kencang. Munculnya bunyi ini dapat membuat maling resah dan gelisah. Apalagi bunyi ini juga dapat membuat orang lain datang mendekat. Jadi, menggunakan alarm merupakan salah satu cara terbaik memastikan motor tetap aman.

  • Griplock Grip

Selanjutnya ada perangkat Griplock Grip. Perangkat ini bentuknya mirip dengan gembok kecil. Bisa diletakkan pada gas, rem, rantai, cakram, bahkan tuas kopling. Ukurannya memang kecil, namun manfaatnya sangat luar biasa. Bila menggunakan Griplock Grip, mudah-mudahan  motor aman dari curanmor. Kamu bisa membelinya di toko peralatan aksesoris sepeda motor dengan harga yang cukup terjangkau.

  • U-Lock Atau D-Lock

Perangkat ini juga semacam gembok dengan ukuran lebih besar dengan bentuk U atau D. Perangkat ini dapat diletakkan pada cakram atau velg supaya kedua bagian ini tidak dapat berputar seperti sedia kala. Selain menggunakan U-Lock atau D-Lock, juga bisa menggunakan kunci menggunakan kode kombinasi. Pilih yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

  • Baut Dan Mur

Mengapa baut dan mur menjadi salah satu bagian dari tips motor aman dari curanmor? Yap. Ia juga mampu menjadi bagian dari perangkat khusus agar motor tetap aman. Perangkat ini bisa diletakkan pada piringan cakram. Pastikan ukuran kedua perangkat ini sesuai dengan lubang piringan cakram. Setelah bagian ini digunakan, ban motor tidak lagi bisa berjalan.

  • Disc Lock

Bagian ini juga menjadi salah satu perangkat tambahan yang dapat dipasang pada lubang ventilasi cakram, baik di depan atau belakang. Dengan memasang bagian ini, motor tidak akan bisa diangkut maling sesuka hati. Ukuran bagian ini beragam dengan ukuran dan merk. Jadi, pastikan untuk memilih disc lock yang sesuai dengan kebutuhan. Disc lock juga telah dibekali dengan fitur alarm. Sehingga motor akan berbunyi bila ada yang hendak membongkar atau membawa pergi.

  • Kunci Rahasia

Kunci rahasia juga bisa digunakan, namun pastikan letak kunci rahasia hanya diketahui oleh pemilik motor. Bila orang lain mengetahui letaknya, bisa saja disalahgunakan. Jadi, jangan berikan kesempatan maling untuk mencuri.

  • Parkir Di Tempat Resmi

Bila ingin memarkirkan sepeda motor, pastikan untuk memarkirkan sepeda motor di tempat resmi. Jika kamu memarkirkannya secara sembarangan, maka hal ini tidak bisa menjamin keselamatan motor. Sedangkan tempat resmi, pasti ada tukang parkir resmi dari pemerintah. Jadi, ia lebih bertanggung jawab atas pekerjaannya dalam menjaga sepeda motor yang tengah parkir.

  • Parkir Di Tengah-Tengah

Berlanjut dari poin sebelumnya, parkir di tempat resmi, ada baiknya memilih lokasi di tengah. Mengapa? Karena ada motor lain di bagian kiri dan kanan. Otomatis jika ada maling yang hendak melancarkan aksinya, ia lebih susah melakukannya.

  • Parkir Di Dekat CCTV

Nah, ini juga lebih aman. Secara logika, pencuri pasti takut mencuri di dekat yang ada CCTV. Meskipun saat ini sudah banyak maling yang sangat berani melakukan aksi bahkan bila ada CCTV sekali pun. Apabila terjadi pencurian pun, motor lebih mudah ditemukan sebab CCTV berhasil menangkap wajah si pelaku.

  • Tidak Lupa Mencabut Kunci

Seringkali pencurian terjadi karena ada kesempatan. Ke mana pun kamu membawa sepeda motor, ketika ingin parkir, jangan lupa mencabut kunci sekaligus kunci stang. Bahkan bila motor diparkir di depan rumah sekali pun.

  • Tidak Meninggalkan Barang Berharga

Kadang kita tidak sadar meninggalkan barang berharga di bagasi motor, seperti dompet, hp, tas, STNK, dan sebagainya. Semakin banyak barang berharga di motor, semakin semangat maling untuk mencuri sepeda motor. Jadi, jangan sampai hal ini terjadi.

Motor Aman Dari Pencurian
Motor Aman Dari Pencurian
  • Menjalin Hubungan Baik Dengan Petugas Parkir

Bila kamu parkir di tempat biasa dengan tukang parkir yang dikenal, itu jauh lebih baik. Biasanya motor kita akan lebih aman sebab selalu diawasi oleh tukang parkir.

  • Kunci Stang

Kunci stang wajib dilakukan apalagi menghadap ke kanan, jangan ke kiri. Tujuannya supaya gerak-gerik maling dalam melakukan aksinya tidak mulus sebab terhalang stang motor.

  • Manfaatkan Fitur SKS (Secure Key System)

Sudah banyak motor saat ini yang telah dilengkapi dengan sistem SKS sekaligus AKS (Advance Key System). Biasanya sistem ini bawaan dari pabrikan dan menjadi salah satu fitur mencegah terjadinya curanmor. Bila stang telah dikunci, tutup lubang anak kunci sehingga memasukkan anak kunci dari tangan-tangan jahil lebih susah dilakukan.

  1. Memanfaatkan Fitur Standar Samping Otomatis (Stand Switch System)

Fitur ini bisa didapati dari sepeda motor matic, yang mana standar samping diturunkan maka secara otomatis mesin motor tidak akan menyala. Sedangkan saat standar samping dinaikkan, mesin motor akan menyala setelah starter ditekan. Memang saat ini maling sudah semakin licik dan pintar, namun kita juga bisa mengurasi risiko terjadinya curanmor, salah satunya dengan cara menurunkan standar samping.

2. Kunci Ganda

Kunci ganda atau kunci tambahan juga bisa digunakan agar gerak-gerik maling lebih susah dalam melakukan aksinya. Jadi, kamu bisa mengaitkan gembok pada lubang cakram bagian depan atau belakang. Sehingga motor tidak akan bisa berjalan walau kunci kontak telah dibobol.

Demikian beberapa tips motor aman dari pencurian yang bisa kami sajikan. Jangan sepelekan hal ini sebab bila kehilangan motor, sungguh kamu akan menyesal sekaligus merugi. Jadi, sebelum hal buruk ini terjadi, jaga sepeda motor dengan baik. Beli beberapa perangkat khusus di toko aksesoris motor terdekat dengan harga sesuai kemampuan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *