Motor-Listrik

Motor Listrik Di Indonesia Yang Keren

Posted on

Motor listrik saat ini menjadi tren baru para penggemar otomotif di Indonesia. Motor yang digerakkan oleh tenaga elektrik ini dianggap efektif dan efisien karena tidak membutuhkan bahan bakar ninyak dan mudah dicharge ulang. Bahkan Indonesia sudah memproduksi sendiri karya anak bangsa. Keberadaan kendaraan ini di Indonesia bahkan mampu menarik perhatian penggemar otomotif dari seluruh dunia.

Sepeda motor listrik merespon kebutuhan industri yang semakin ramah lingkungan. Bahan bakar minyak akan menguras cadangan minyak bumi yang seakin langka dan mahal. Selain itu, residu dari zat buangnya juga dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.

Lain halnya dengan motor listrik, yang sebagai penggeraknya adalah dinamo serta akumulator. Di Indonesia, kendaraan jenis ini sudah dilengkapi dengan rem cakram dan perlengkapan standart lainnya. Yang disukai oleh masyarakat dari kendaraan jenis ini adalah karena ada beberapa yag tidak memerlukan STNK maupun BPKB.

Berikut macam-macam kendaraan motor listrik di Indonesia.

Motor-Listrik
Motor Listrik | Image Kompas
  1. Viar Q1
    Merek Viar Q1 merupakan kendaraan motor listrik di Indonesia yang diluncurkan oleh PT Triangel Motorindo. Versi yang paling gres sempat dihadirkan melalui sebuah acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang diselenggarakan pada tahun 2019. Sebenarnya produk merek ini sudah cukup lama diproduksi bekerja sama dengan sebuah perusahaan dari Jerman yang disebut Bosch.
    Perkembangan terus dilakukan untuk menyempurnakan Viar Q ini. Penggerak pada kendaraan Viar Q1 ini menggunakan motor listrik tipe BLDC. energi yang dapat dihasilkan oleh motor listrik ini kurang lebih 800. Kendaraan ini juga dibekali dengan baterai lithium ion. Adapun kemampuan dari motor Viar Q1 adalah 60 V 23 Ah. Kendaraan ini dapat dipacu hingga jarak 60 kilometer dengan menggunakan baterai utama. Akan tetapi, pada motor dibawakan juga baterai cadangan sehingga total penggunaan dapat menempuh jarak 120 kilometer.
    Harga banderol Viar Q1 on the road area Jabodetabek adalah kisaran 19 juta rupiah. Motor bisa dibeli secara online. Meskipun secara umum kendaraan listrik di Indonesia tidak wajib memiliki STNK dan BPKB, tetapi Viar Q1 dilengkapi dengan surat bermotor layaknya motor biasa. Motor ini juga dilengkapi dengan plat nomor.
  2. Gesit
    Gesit merupakan Kendaraan motor listrik di Indonesia yang merupakan karya asli anak bangsa. Motor ciptaan Indonesia ini mulai dikenal di khalayak tahun 2019 dan semakin banyak diluncurkan pada tahun 2020. Motor yang berbentuk scooter ini diciptakan oleh mahasiswa-mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan sudah diuji coba sejak akhir tahun 2018. Sepeda motor yang diproduksi di bawah perusahaan PT Gesits Technologies Indo ini sudah berani membuat target terjual 50 ribu unit.
    Sebagaimana motor pada umumnya, Gesit dilengkapi dengan surat-surat kelengkapan seperti STNK dan BPKB serta plat nomor. Adapun kelengkapan surat-surat diserahkan setelah dua minggu pasca pembelian. Harga dari motor gesit ini masih dipatok pada kisaran 24,9 juta rupiah off the road. Perusahaan belum berani menjual harga on the road karena pajak setiap daerah berbeda-beda. Meskipun termasuk produk baru, tetapi pihak manajemen gesit sudah berani memberikan garansi purna jual dan yakin bahwa produknya akan laris manis di pasaran. Bahkan para pengguna ojek online, sudah mulai memesan motor listrik ini.
  3. Viar E
    Viar E atau sering juga dikenal dengan nama Viar E-cross merupakan produk motor elektrik yang sudah mulai dikenal di masyarakat. Motor listrik ini sebenarnya merupakan perpaduan antara sepeda motor dengan sepeda listrik yang juga sering dikenal dengan nama E-bike.
    Harganya cukup fantastis karena mencapai 52 juta per unit. Yang membuat kendaraan ini di Indonesia menjadi mahal antara lain adalah karena konstruksi sepeda motor ini yang terbuat dari full alumunium, sehingga mempunyai bobot yang sangat ringan. Total dari berat sepeda motor listrik ini hanya 50 kilogram. Selain itu, shock depan sudah dikemas dengan desain upside down dan bagian belakang monoshock serta menggunakan baterai lithium 3.000 watt membuat sepeda motor listrik ini spesial dan layak dijual dengan harga mahal. Kemampuan tempuh motor listrik ini adalah 100 kilo meter. Karena Viar E sudah murni motor dan bukan lagi sepeda elektrik maka motor ini tidak lagi dilengkapi dengan pedal pengayuh.
  4. Honda PCX Hybrid
    Sebagaimana namanya, Honda PCX hybrid merupakan salah satu motor listrik di Indonesia. Namun kendaraan ini masih menyediakan sistem pembakaran menggunakan bahan bakar minyak. Kapasitas motor adalah 149.3cc dengan tenaga maksimal yang bisa dikeluarkan sebesar 14,48 hp. Kendaraan ini menggunakan awal pacuan mesin dengan listrik sementara sistem pembakaran adalah full Transisterized. Bentuk Honda hybrid ini menyerupai motor biasa. Sayangnya harga dari motor listrik ini masih cukup mahal. Kendaraan besutan Honda ini dibanderol dengan harga 42 juta di pasaran. Namun bagi kamu penggila otomotif, tentu semahal apapun tidak menjadi penghalang untuk memiliki motor elektrik bertenaga hybrid ini.
  5. Selis
    Merek Selis merupakan salah satu pelopor motor listrik di Indonesia. Sebelumnya merek ini sangat populer dengan sepeda listrik. Selanjutnya merek Selis bermetamorfosis menjadi motor listrik. Uniknya sepeda motor elektrik merek Selis dikemas menggunakan roda tiga dan bertutup layaknya mobil sehingga banyak yang menggemari motor jenis ini. Di beberapa kota besar sudah mulai nampak berlalu lalang sepeda motor tertutup roda tiga merek Selis. Nama produk Selis ini adalah Balis.
    Motor dijual dengan harga 35 juta rupiah sebuah harga yang masih cukup terjangkau untuk kualitas kendaraan seperti Balis. Adapun warna kendaraan baru ada satu pilihan, yaitu putih dengan kombinasi hitam. Spesifikasi dari Balis ini adalah daya elektrik sebesar 1.500 watt dengan baterai berkekuatan 50 ampere dan kemampuan input 220 volt. Akan tetapi, daya tempuh dari Belis ini hanya cukup 50 sampai 60 km saja untuk sekali charge. Sementara untuk mengisi baterai hingga penuh memerlukan waktu sekitar enam hingga delapan jam. Untuk mengantisipasinya, diberikan baterai cadangan yang bisa diganti secara manual dan cepat.
  6. Zero Motorcycle
    Zero Motorcycle merupakan salah satu merek motor listrik di Indonesia yang merupakan produk dari negara paman Sam atau Amerika Serikat. Motor ini mempunyai 4 model, yaitu FX, Zero S, Zero SR dan black forest DSR. Pada produk terbarunya, Zero menambahkan sistem cyper yang memiliki kemampuan update terhadap aplikasi smartphone di mana fitur ini sangat digandrungi para pengguna otomotif.
    Aplikasi cyper disebut juga dengan Next gen dan mempermudah pengguna untuk mengisi daya, melakukan pembaharuan serta melakukan diagnostik terhadap mesin motor. Dan yang paling asyik adalah Zero Motorcycle menurunkan harga jual untuk semua tipe. Jika di masa sebelumnya harganya adalah berkisar 16,5 ribu dolar AS, kini turun hanya 15,5 ribu dolar AS.
    Selain itu, variasi warna juga mulai ditawarkan bagi pengguna, di mana desain grafis yang baru juga mulai ditawarkan. Jika dirupiahkan, harga motor ini masih cukup mahal, dan layak dimiliki kalangan menengah ke atas, yaitu berkisar 180 sampai dengan 350 juta rupiah. Fantastis bukan? Akan tetapi bagi penggemar otomotif, nilai tersebut tidaklah besar. Dan mereka akan lebih suka untuk mengoleksi motor listrik ini dibanding dengan membeli barang lain.
    Demikian artikel mengenai motor listrik di Indonesia. Yuk berburu kendaraan listrik dan dapatkan harga terbaiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *