Penyebab Ban Motor Cepat Botak
Penyebab Ban Motor Cepat Botak

Ban Motor Cepat Botak? Ini yang Harus Dilakukan

Posted on

Wajib Tahu: Inilah Yang Jadi Penyebab Ban Motor Cepat Botak

Racing King – Terkadang tiba-tiba jadi kesal, baru saja beberapa waktu yang lalu mengganti ban motor, ternyata sudah botak lagi. Artinya harus mengeluarkan lembaran rupiah lagi. Apa yang salah dengan ini ya? Kenapa ban motor teman sepertinya tidak cepat botak?

Pernah mengalami hal seperti itu Bikers? Jika pernah, mari cegah mulai sekarang. Memangnya bisa dicegah? Tentu saja bisa, asalkan perhatikan baik-baik ulasan berikut : delapan penyebab ban motor cepat botak.

  1. Cara Memarkirkan Motor Yang Salah

Bagaimana kebiasaan para Bikers memarkirkan motor selama ini? Apakah sudah benar? Jika Bikers membiarkan motor parkir dengan standar samping, hal itu salah! Parkir dengan kondisi seperti itu akan menjadikan beban tumpuan hanya pada satu sisi. Kalau hal tersebut dilakukan sesering mungkin, maka ban yang menjadi titik tumpuan akan terkena tekanan. Tentu saja menyebabkan ban menjadi botak pada satu sisi saja. Jadi, mulai sekarang parkirlah motor dengan baik, ya! Jangan malas untuk memarkirkan motor dengan baik.

2. Tidak Memperhatikan Kebersihan Ban

Tak jarang, kondisi ban motor setelah melakukan perjalanan menjadi kotor. Kebanyakan orang justru mengabaikan, beberapa saja yang langsung membersihkan. Kotoran dibiarkan menempel dalam waktu yang cukup lama. Padahal kotoran yang dibiarkan, lama-kelamaan akan mengeras. Jika sudah mengeras, pertikel tersebut akan menekan kedua sisi (ban dan aspal) sehingga ban tersebut makin tipis sehingga menjadi penyebab ban motor cepat botak.

Selain itu, perhatikan juga cara membersihkan bannya. Jangan gunakan detergen atau sabun colek ketika membersihkan ban. Walaupun hasilnya menjadi bersih, tapi tidak bagus untuk partikel ban. Jadi pakai apa? Gunakanlah sikat dan air saja. Walaupun butuh waktu lama, tapi yakinlah, ban motor Bikers akan tahan lama nantinya.

3. Penyesuaian Tekanan Angin

Saat tekanan angin pada ban terasa kurang, segera pergi ke pengisian angin. Mengapa? Wajib ya? Tentu saja! Apa yang terjadi dengan ban ketika tekanan angin kurang? Motor akan menumpukan bebannya pada ban. Sementara ban yang kurang  tekanan angin akan menjadi lebih kuat bergesekan dengan aspal. Karena ban tersebut tidak berputar dengan baik. Maka ban  akan tetap berputar dengan usaha semaksimal mungkin. Akibatnya, ditekanlah ban tersebut pada permukaan aspal atau jalan yang dilaluinya. Hal inilah pemicu ban menjadi cepat botak.

4. Membawa Beban Berat

Pernah lihat pengemudi motor membawa beberapa tumpukan karung di bagian depan dan belakang motornya? Atau Bikers sendiri pernah membawa barang yang cukup banyak seperti itu? Jangan sepele ya, Bikers! Bisakah beban berat menjadi penyebab ban motor cepat botak? Jelas bisa! Konsepnya serupa dengan tekanan angin yang kurang. Melalui beban yang beratlah ban akan menyatu dengan aspal.

Keterpaksaan tersebut menitikberatkan beban kepada ban motor. Untuk motor matic, kapasitas motor termasuk pembonceng adalah sekitar seratus dua puluh kilogram. Motor bebek dan yang lain lebih tinggi. Sedangkan untuk lebar beban, tidak melebihi setang kemudi motor masing-masing. Maka angkutlah beban sesuai dengan kapasitasnya. Semua sudah ditentukan dengan kendaraan masing-masing. Jika dilanggar, tidak hanya ban motor saja yang botak, melainkan nyawa pengemudi menjadi taruhannya. Bahkan ada undang-undang yang mengatur beban pada motor. Bisa saja suatu hari para Bikers kena tilang dan terkena denda.

Penyebab Ban Motor Cepat Botak
Penyebab Ban Motor Cepat Botak

5. Jalan Yang Dilalui

Baguskah kondisi jalan yang dilalui para Bikers selama ini? Seberapa sering jalan tersebut dilalui? Kalau bisa memilih, lewati saja jalan yang bagus, ya. Selain aman untuk diri sendiri (menghindari kecelakaan), ban motor juga terjaga dengan baik. Tapi kalau memang harus bin wajib lewat jalan yang tidak bagus, perlakukan motor anda dengan baik saat melaluinya. Terkadang para Bikers melalui jalan yang seperti itu sama dengan jalan lain. Hasilnya boleh dilihat, tidak lama lagi ban anda akan botak. Karena ketidaksesuaian jalan yang rata adalah salah satu penyebab ban motor cepat botak.

Kemudian, bagaimana jarak jalan yang dilalui para Bikers setiap hari? Apakah sedikit atau sebaliknya? Besarnya jarak yang ditempuh setiap hari juga menjadi salah satu alasan. Contohnya si A berkendara sepuluh kilometer setiap hari, sedangkan si B berkendara sejauh tiga kilometer. Jika si B berkendara dengan teknik yang baik, maka yang terlebih dahulu mengganti ban adalah si A. Mengapa demikian? Karena penyebab ban motor botak pada si A yang lebih cepat adalah jauhnya jarak tempuh pada sehari-hari.

6. Teknik Berkendara

Apa perbedaan motor yang dirawat dengan yang tidak? Jawabannya tentu para Bikers tahu. Motor yang dikendarai dengan sesuka hati akan mudah rusak dibandingkan dengan motor yang disayangi pemiliknya. Kalau para Bikers sering berkendara dengan kecepatan tinggi lalu tiba-tiba mengerem mendadak, siap-siap menerima kenyataan pahit. Ban motor anda akan segera botak. Jika motor yang tadinya melaju kencang kemudian berhenti mendadak, akan terjadi tekanan besar pada ban.

Hal tersebut menjadikan gesekan di ban sangat kuat. Begitu juga dengan bagian motor lainnya, tidak hanya ban saja. Kenapa bisa terjadi? Layaknya manusia, benda yang menggunakan mesin pun ada batasnya. Kalau Bikers cara berkendaranya salah, motor akan seperti tidak terawat. Tidak percaya? Silakan bandingkan dua pengendara motor yang anda kenal dan memiliki perlakuan berbeda. Manakah ban yang lebih awet?

7. Jenis Ban

Material penyusun ban juga harus diperhatikan. Sebelum memutuskan untuk membeli ban, pikirkan terlebih dahulu. Ada baiknya para Bikers cari tahu dulu merk ban apa yang bagus. Informasi mengenai ban yang bagus bisa diperoleh dari mana saja pada era milenial ini. Bisa melalui internet, teman, ataupun komunitas bikers. Saran penulis, sebaiknya tanya pada komunitas motor masing-masing (jika punya). Karena biasanya anggota komunitas memiliki motor yang seragam antara satu dengan yang lain. Sehingga biasanya di sana banyak anggota senior sebagai wadah bertukar pikiran.

Wajib ya pintar dalam memilih ban? Jelas saja! Tapi kalau Bikers tidak keberatan mengganti ban sesering mungkin ya tidak apa-apa. Karena jenis ban juga menjadi salah satu penyebab ban motor cepat botak.

8. Cuaca Yang Tidak Mendukung

Bikers, ketika cuaca panas terik, ada tidak yang suka berkendara di sini? Kalau ada, jangan lakukan lagi, ya! Sebaiknya hindari berkendara pada cuaca panas kalau memang tidak begitu penting. Kenapa? Karena ban akan cepat aus oleh sinar matahari. Ban yang terpapar sinar matahari langsung akan mengurangi umur pemakaian. Sehingga cuaca juga menjadi salah satu penyebab ban motor cepat botak.

Bagaimana, Bikers? Sudah paham mengenai penyebab ban motor cepat botak? Tidak sulit ‘kan menerapkan pencegahannya? Ayo, hemat pengeluaran dari sekarang. Jika ban motor bisa menjadi awet, mengapa kita tidak mencoba? Lebih baik uangnya ditabung buat biaya pernikahan (khusus buat jomblo), ya ‘kan, Sobat Bikers?

One thought on “Ban Motor Cepat Botak? Ini yang Harus Dilakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *