Tips Beli Motor Bekas
Tips Beli Motor Bekas

Tips Beli Motor Bekas Dan Hal Yang Harus Kamu Perhatikan

Posted on

RacingKing – Untuk kawan-kawan semuanya yang ingin beli motor bekas, tentunya harus mengetahui dan mengenali terlebih dahulu tips beli motor bekas. Dengan ini tentunya akan dapat diketahui maupun diidentifikasi berbagai kekurangan ataupun kelemahan. Karena mengingat motor bekas, tentunya sebagai pembeli tidak pernah mengetahui apa yang terjadi terhadap motor tersebut saat digunakan oleh pengguna pertama.

Selain itu, pengetahuan tentang tips membeli motor bekas yang akan kami sampaikan ini memang harus dipahami. Karena mengingat pada saat ini dapat dikatakan banyak penjual yang dapat memoles motor bekasnya dengan sedemikian rupa sehingga tampak menjadi bagus lagi. Tujuannya adalah agar dapat menutupi kekurangan produknya, hingga dapat menjualnya dengan harga yang tinggi dari harga yang seharusnya.

Nah, oleh karena itu dengan mengetahui dan memahami mengenai tips untuk membeli motor yang bekas menjadi sebuah pembahasan utama yang cukup penting diketahui serta dipelajari. Lalu bagaimanakah caranya? Semakin penasarankan? Untuk lebih jelasnya, silahkan untuk menyimak penjelasan di bawah ini.

Tips Beli Motor Bekas Dan Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan

Di bawah ini kami akan menyajikan beberapa tips beli motor bekas yang dapat kamu terapkan saat akan membeli sendiri, di bawah ini penjelasannya:

Memilih Tipe Motor Akan Dibeli

Langkah yang pertama tips beli motor yang bekas harus dilakukan adalah menentukan jenis sepeti apa motor yang dibeli. Cara yang satu ini dilakukan agar dapat memudahkan siapapun untuk mencari penjual berdasarkan motor yang diinginkan. Misalnya motor sport, motor matic dan bebek. Jadi, sebaiknya kamu tentukan terlebih dahulu tipe motor apakah yang akan kamu beli.

Pilihlah Penjual Yang Tepat

Memilih penjual dengan tepat dan benar merupakan tips beli motor yang bekas. Langkah yang satu ini dapat dilakukan agar dapat mencegah maupun menghindari penjual nakal maupun suka menipu para konsumennya. Agar dapat mengetahui penjual seperti apa yang tepat dan benar, kamu dapat mencari tahu mengenai berbagai penjual yang telah dikenal maupun telah terbukti penjualan tersebut tidak mengecewakan pembeli. Selain itu, dapat pula mencari teman yang mempunyai kenalan penjual motor yang bisa dipercaya.

Ketahui Harga Pasar Motor

Apabila teman-teman telah mengetahui tips motor seperti apa yang dibeli serta penjualnya telah didapat maka tips beli motor yang bekas berikutnya yaitu melakukan pengecekan atau analisa harga pasar dari motor akan dibeli. Meskipun seperti sepele, tetapi langkah yang satu ini harus dilakukan. Karena setiap tipe motornya mempunyai harga berbeda-beda serta tergantung dengan kondisi motornya juga. Misalnya, apabila keadaan motor tersebut masih bagus dan seperti masih baru baik mesin maupun bodinya maka umumnya dibanderol menggunakan harga lumayan mahal.

Namun, demikian juga apabila kondisi motornya tidak seperti baru, kemungkinan mesinnya terdapat sedikit masalah maupun bodinya tidak sedikit yang lecet, pasti akan menawarkan harga yang murah. Selain itu, analisa harga pasar tersebut diperlukan sekali supaya tidak mudah untuk ditipu menggunakan harga yang telah dipatok oleh penjual.

Memeriksa Secara Detail Kelengkapan Surat Kendaraan

Tips beli motor yang bekas tidak kalah pentingnya yaitu harus melakukan memeriksa surat misalnya BPKB serta STNK. Tentunya, langkah yang satu ini dapat dilakukan agar mengetahui kejelasan mengenai identitas pemilik tangan yang pertama sampai dapat memastikan bahwasanya motor bekas tersebut bukanlah motor curian.

Mengingat sekarang ini tidak sedikit menemukan kasus pencurian kendaraan motor. Agar dapat mencegah sesuatu tidak diharapkan, kelengkapan suratpun serta berkas motor tentunya menjadi bagian harus diperhatikan oleh para pembeli.

Mengecek Nomor Rangka Serta Nomor Mesin

Menginjak tips beli motor yang bekas berikutnya, usahakan memeriksa dengan teliti nomor mesin serta rangka. Ingat, langkah segmen yang satu ini harus dilakukan serta patut diwaspadai. Karena, apabila nanti memang ditemukan kesalahan berupa ketidak cocokan antara nomor mesin serta rangka dengan suratnya yang akan mengakibatkan fatal karena mengingat apabila terjadi maka dapat pula merupakan hasil dari motor curian. Maka dari itu, langkah tersebut wajib untuk diwaspadai saat membeli motor yang bekas.

Mengecek Keadaan Bodi Motor Bekas

Salah satu cara beli motor yang bekas adalah kamu harus memeriksa keadaan bodi motor. Cara yang satu ini terlihat lebih mudah apabila dilakukan jika dibandingkan dengan harus cek mesin karena dapat terlihat dengan jelas. Sebaiknya usahakan sedikitpun motornya tidak boleh ada goresan, tidak ada penyokan, serta tidak retak. Jika perlu, kamu dapat menanyakan pula apakah semua suku cadangannya masih asli ataukah tidak. Apabila ada yang diganti sebaiknya pastikan memiliki kualitas cadang yang bagus.

Pada intinya, tanyakanlah terhadap penjual mengenai kondisi motor serta cocokanlah bersama kondisi yang real terhadap motor. Apabila perlu, sebaiknya kamu ajak siapapun baik teman maupun keluarga yang memahami mengenai seluk beluk pembelian motor supaya nanti lebih mudah untuk mengidentifikasikan kondisi motor yang bekas tersebut.

Lakukan Pengecekan Terhadap Oli

Kamu sebaiknya harus meminta tolong kepada penjual agar membuka penutup olinya untuk memeriksa bagaimana kondisi olinya, apakah berlebihan ataukah tidak. Mengecekan tersebut dilakukan karena oli kapasitasnya dapat meredam suara mesinnya sehingga akan terdengar begitu lembut. Agar dapat mengetahui kapasitas olinya, sebaiknya lihat terlebih dahulu pengukur batas penuh oli yang biasa dapat dilihat penutup olinya sendiri. Langkah yang satu ini harus dilakukan sebagai salah satu tips untuk membeli motor yang bekas.

Mengecek Fungsi Panel Indikator/Speedometer

Jangan sampai lupa untuk mengecek terhadap bagian panel indikator atau speedometer. Pastikanlah bahwa speedometer akan berjalan secara normal karena fungsinya cukup penting sebagai salah satu sumber mengenai informasi kondisi motor ketika dikendarai.

Harus kamu ketahui, motor masih sehat serta baik tentunya mempunyai speedometer, bahan bakar maupun bensin, penghitungan jarak maupun lampu masih berfungsi baik. Nah, khusus untuk motor gede maupun sport, panelnya harus dilengkapi dengan tachometer.

Hidupkan Mesin

Apabila pengecekan mesin secara kasat mata telah diteliti maka tips beli motor yang bekas berikutnya adalah menghidupkan mesin motornya. Pastikanlah suara mesinnya berbunyi lembut dan halus serta teliti apakah bunyinya kasar ataukah tidak. Selain itu, periksa kondisi suara mesinnya, usahakan menyalakan mesin tanpa di gas. Maksudnya, saat mesin telah menyala jangan sampai terburu-buru untuk mengegas kencang.

Biarkanlah, mesin berjalan dahulu tanpa gas. Pastikanlah motor tersebut dapat langsam atau tetap nyala di putaran mesin yang rendah atau tanpa di gas. Hal tersebut memastikan kondisi mesinnya masih baik ataukah tidak. Mengingat motor jika dalam keadaan tidak bermasalah pasti akan langsam di putaran mesin di bahwa 1.500 mm.

Mencermati tips beli motor bekas yang sudah diuraikan, tentunya kamu yang ingin beli motor bekas telah mempunyai sedikit banyaknya gambaran cara mengecek motor secara benar. Dengan mengetahui serta memahami tips di atas, tentunya kamu tidak begitu mudah mencari penjualnya. Tetapi kamu akan mendapatkan motor yang sesuai dengan keinginan.

Dari kesekian info di atas, hal yang paling penting agar dapat diketahui yaitu kondisi mesin motor, serta fitur keselamatan misalnya rem. Itulah uraian mengenai tips beli motor bekas, semoga bisa memberikan gambaran yang tepat bagi pembeli.

Silahkan tambahkan dikolom komentar ya bagi yang mempunyai tips dan trik selain diatas, kami tunggu loh. Dan bagi yang ingin mencari info lain seputar motor, silahkan tulis di kolom pencarian ya, terimakasih.

One thought on “Tips Beli Motor Bekas Dan Hal Yang Harus Kamu Perhatikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *