Tips Beli Motor Jadul
Tips Beli Motor Jadul

Tips Beli Motor Jadul Terbaik Dan Terpercaya

Posted on

RacingKing – Hai sahabat semuanya, di sini kami akan berbagi pengalaman serta tips beli motor jadul atau bahasa kerennya, yaitu motuba atau Motor Tua Bangka. Tentunya pengalaman yang dialami dalam beli motor jadul tidak  bisa langsung didapatkan dalam sehari atau dalam satu waktu. Kami diharuskan untuk mengalami error serta trial dahulu. Dimulai dari mesin motor yang sering bermasalah, sasis motor tidak center/lurus, serta lainnya banyak lagi.

Setiap membeli motor, harus diteliti dahulu. Maka itu, di sini akan disampaikan mengenai tips membeli motor jadul supaya teman-teman semuanya tidak mengalami sedikitpun kesalahan. Saat mengalami kesalahan dalam memilih, tentunya akan memberikan kerugian kepada siapapun yang membelinya.

Tips Beli Motor Jadul Terbaik Dan Terpercaya

Pencarian tips membeli motor jadul memiliki pengaruh terhadap ketersediaan motor semakin membludak. Sepeda motor sekarang semakin banyak macamnya, mulai dari naked bike, motor sport, matic sampai bebek dapat secara mudah untuk ditemukan di jalan perkotaan. Penggunaan motor di negara kita tinggi sekali karena dianggap efisien untuk mobilitas masyarakat dalam kesehariannya.

Tidak hanya motor yang baru, motor jadul pun masih banyak diminati selama kondisinya masih prima. Hanya saja, setiap penjual sering kali memoles penampilan motor jadulnya dengan tujuan tidak lain adalah untuk dapat menarik perhatian calon pembeli. Cara demikian cukup manjur serta biasanya secara langsung menawarkan unit yang terkait. Padahal, kinerja mesinnya serta banyak komponen lain tidak kalah penting juga untuk diperiksa.

Penampilan Bukan Jaminan

Tips membeli motor jadul yang pertama yaitu melihat dari segi penampilan fisiknya. Tetapi ini tidak berarti berdasarkan seperti memilih pasangan loh, penampilan fisik bukanlah segalanya. Jangan pernah kamu tertipu, seperti mulusnya bodi sebuah motor yang sedang dipajang. Percuma saja jika penampilannya mulus namun mesinnya tidak prima ataupun bobrok. Bagaimanapun, untuk memperbaiki mesin rusak akan lebih sulit serta memakan biaya lumayan besar daripada hanya sekedar mengecat maupun memperbaiki bodi.

Dengan demikian, harus kamu pastikan untuk meneliti serta memeriksa penampilan bodi luar sebuah motor jadul  serta yang paling penting adalah mesinnya. Selain itu, pastikanlah komponen-komponen elektrik tidak luput dari pengetesan serta perhatian.

Mengecek Motor Jadul Saat Dingin

Ketika kamu mencoba motor jadul, sebaiknya jangan sampai mencoba motor tersebut ketika sedang panas.  Ini merupakan salah satu tips membeli motor jadul yang tidak banyak kalangan ketahui serta menyadarinya. Apabila telah terdapat kontak bersama penjual dapat diingatkan agar tidak memanaskan mesin motor tersebut terlebih dahulu.

Hal tersebut akan berhubungan dengan pengecekan kinerja mesinnya. Mesin yang telah dipanaskan sangat mudah untuk dinyalakan serta dapat menyembunyikan tidak sedikit masalah yang terdapat pada mesin. Namun hal ini juga dapat menjadi cara dan trik kunci yang harus diperhatikan sebelum membeli motor jadul. Dengan menyalakannya maka terlihat seberapa baikkah kondisi sebuah mesin motor jadul tersebut.

Menggali Banderol Harga

Penjual yang patok harga jadul lebih tinggi dari harga pasar memiliki banyak hal yang harus kamu tanyakan mengenai motor tersebut. Mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait motor jadul, termasuk mengenai riwayat pengganti support maupun riwayat service. Selain itu, tentang tips beli motor jadul ini, kamu memiliki hak menanyakan mengenai riwayat motor jadul tersebut. Terutama tentang mengapa menawarkan harga yang tinggi, apa sebab dan kelebihannya.

Namun sebaliknya, apabila penjual ada yang mematok harga rendah hendaknya jangan banyak bertanya. Cukup menanyakan mengenai kelengkapan surat-suratnya saja misalnya, itu sydah cukup. Penjual tentunya mempunyai alasan sendiri mengapa menawarkan motornya dengan banderol murah, serta biasanya kebanyakan karena ingin motor jadulnya cepat laku.

Kilometer Yang Rendah Belum Tentu Itu Baik

Tips Beli Motor Jadul
Tips Beli Motor Jadul

Tidak sedikit kalangan yang memiliki anggapan bahwa kendaraan dengan kilometer rendah ini mempunyai kualitas baik. Ternyata belum tentu benar dikarenakan motor yang memiliki kondisi baik yaitu mempunyai kilometer tinggi.

Hal demikian mengacu terhadap hipotesis bagi tips membeli motor jadul, bahwa semakin sering motornya digunakan maka kondisi dan kualitas motornya sudah teruji. Berbanding terbalik dengan motor jadul yang mempunyai kilometer rendah, bisa jadi motor jarang dipakai ataupun lama didiamkan di garasi.

Memilih Medan Jalan Untuk Test Ride

Tidak sedikit pedagang yang kemungkinan mempersilahkan calon pembeli untuk melakukan test ride. Penjual yang baik, biasanya akan mencari cara agar dapat meyakinkan pembeli mengenai kondisi motor jadulnya. Cukup singkat sekali, dengan sesi testnya ini juga merupakan tips membeli motor jadul yang amat vital.

Sebelum membeli motor jadul alangkah baiknya jika mengetahui kondisi kendaraan ataupun kondisi mesinnya. Apalagi jika penjual tidak menawarkan untuk test ride, akan lebih bagus untuk kawan mencoba memintanya secara sopan. Tetapi apabila penjual tetap tidak mengijinkan atau menolak, sebaiknya urungkan saja untuk membeli motor jadul tersebut.

Ketika test drive, sebaiknya pilihlah medan jalanan secara bervariasi. Kamu dapat mempelajari motor jadul tersebut, dimulai saat akselerasi, pengendalian sampai pengereman. Kondisi jalan lumayan besar maupun berboncengan dapat dijadikan sebagai patokan mengenai kenyamanan serta kondisi suspensi motornya. Suspensi tersebut bekerja dengan baik mampu meredam guncangan serta rebound yang baik. Jika bantingan dirasa keras serta shockbreaker dirasa ambles, menandakan jika bagian itu harus ada perbaikan. Itu artinya akan menambah merogoh kocek secara mendalam untuk biaya penggantian.

Memilih Jenis Motor Berdasarkan Kebutuhan

Memilih jenis motor jadul biasanya akan dipakai untuk riding sehari-hari. Selain itu, ada pula jenis motor bebek, matic, maupun motor gede. Namun kembali lagi, sesuaikan dengan kondisi keuangan kamu sendiri, supaya nanti dapat merawat motor yang kamu beli. Jangan sampai nantinya sesudah membeli motor, kemudian malah langsung jual kembali karena tidak cocok dengan biaya perawatan motornya yang mahal serta seleranya yang tidak sesuai.

Mencari Penjual Motor Jadul Yang Terpercaya

Sebaiknya kamu mencari penjual motor jadul yang terpercaya, karena tidak sedikit oknum penjual motor jadul menyulap motor yang tadinya rusak menjadi bagus. Karena itu, kamu dapat memilih showroom motor jadul dengan predikat penjualannya yang terpercaya. Atau bisa juga kamu membeli motor jadul dari teman yang telah dikenal.

Memeriksa Surat Motor Jadul

Sesudah kamu mengecek kondisi secara fisik motornya, yang dilakukan berikutnya yaitu mengecek surat-surat motor jadul tersebut. Apakah sudah sesuai berdasarkan nomor rangka dan nomor mesinnya? Apabila tidak sesuai, ditakutkan motor tersebut merupakan hasil kejahatan atau curian. Serta jangan sampai lupa mengecek pajak motornya apakah mendekati mati total maupun expired.

Cara Mendapat Motor Jadul Yang Murah

Cara membeli motor jadul yang terakhir, yaitu kamu dapat melakukan nego harga motor jadul yang akan dibeli supaya mendapat harga yang cukup murah. Murah, tetapi memiliki kualitas terbaik, dan tetap memperhatikan berbagai hal yang terdapat pada motor jadul tersebut.

Mengenai tips beli motor jadul sebaiknya kamu mencermati dahulu supaya mendapat hasil berdasarkan yang kamu inginkan. Sebaiknya apabila kamu kurang begitu mengerti dan paham mengenai seluk beluk motor, sebaiknya kamu mengajak teman yang lebih mengerti mengenai motor. Atau kamu juga dapat membawa ke bengkel resmi untuk cek motor jadul yang akan dibeli.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai tips membeli motor jadul, semoga dapat menjadi referensi serta dapat memberikan banyak pengetahuan bagi siapapun yang akan membeli. Semoga bisa mendapatkan motor jadul sesuai impian dan keinginan kamu.

One thought on “Tips Beli Motor Jadul Terbaik Dan Terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *