Tips Merawat Motor Matic
Tips Merawat Motor Matic

Tips Merawat Motor Matic dengan Mudah dan Sederhana

Posted on

7 Tips Merawat Motor Matic Yang Wajib Dipahami Pemula

Racing King – Halo riders, bagi kamu yang memiliki kegemaran dengan motor matic, mengerti tata cara perawatannya merupakan hal yang utama.

Tentunya kalian tidak akan suka jika memiliki kendaraan yang kotor dan tidak bersih. Oleh karena itu, bagi kamu yang masih pemula, dapat mengikuti beberapa tips di bawah ini. Tips merawat motor matic berikut ini cukup mudah dan sederhana.

  1. Melakukan Pemanasan Pada Motor Sebelum Digunakan.
    Kamu tentunya sering menggunakan motor yang langsung digunakan tanpa dipanasi. Hal tersebut tidak baik untuk mesin dari motor matic. Kamu bisa mencoba membandingkan penggunaan motor matic yang melalui tahap pemanasan terlebih dahulu dengan yang tidak melalui tahap pemanasan. Tentu saja keduanya akan terasa berbeda saat dinaiki. Hal ini adalah tips merawat motor matic secara sederhana dan mudah.
    Memanaskan mesin motor merupakan cara yang digunakan agar oli mesin bisa memberikan pelumas lebih awal. Jadi, saat digunakan, motor telah siap dan bisa mencapai batas yang maksimal. Proses pemanasan motor bisa dilakukan dalam jangka waktu yang sesuai. Umumnya berkisar antara 15 menit. Tetapi, terkadang bunyi mesin motor juga bisa menandakan bahwa mesin telah panas dan bisa digunakan.
  2. Melakukan Ganti Oli Secara Rutin Dan Tepat Waktu.
    Oli merupakan komponen penting yang membuat mesin bisa bekerja. Sehingga motor bisa berjalan sesuai dengan batas kecepatan maksimal. Penggantian oli harus dilakukan secara berkala dan secara rutin. Karena jika kamu lupa mengganti oli maka mesin akan langsung mengalami kerusakan dan tentu saja harus mengganti mesin. Ganti mesin atau turun mesin pastinya memerlukan biaya yang mahal.
    Bagi kamu yang masih pemula, tips merawat motor matic adalah kamu harus memahami jangka waktu yang bisa digunakan untuk penggantian oli. Sebenanya oli harus diganti setiap motor bisa mencapai jarak hingga sekitar 5.000 km. Tetapi jika jarak tersebut diterjemahkan dalam rentang waktu, maka penggantian oli bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali. Kamu juga harus mengerti oli yang memang sesuai untuk motor matic yang bisa mendukung spesifikasi yang dimiliki.
  3. Melakukan Cek Kondisi Motor Secara Berkala.
    Kamu tidak boleh mengabaikan tanda-tanda seperti motor matic yang tiba-tiba saja dikendarai tidak enak, atau terdapat bunyi-bunyi tertentu. Kamu harus lebih perhatian pada motor. Lakukan cek mesin dan juga komponen motor lainnya. Seperti keadaan busi yang baik dan buruk itu seperti apa, kemudian kondisi akinya apakah masih baik. Hal-hal tersebut jangan sampai terlupakan. Cek kondisi dan lakukan antisipasi sebelum bertambah parah.
    Tips merawat motor matic sebenarnya dengan memahami fungsi dari berbagai komponen. Lantaran hal tersebut, nantinya kamu bisa mengetahui keadaan motor. Apabila terdapat gejala aki yang habis atau oli yang habis dan sebagainya, segera bawa ke bengkel. Hal itu akan mengantisipasii agar motor matic tetap terawat dan tidak mengalami kerusakan parah pada bagian mesin.
  4. Melakukan Cek Kondisi Aki.
    Aki bisa disebut dengan baterai pada motor. Aki sendiri merupakan komponen yang utama agar motor tetap hidup. Jadi, mengerti kondisi aki merupakan tips merawat motor matic yang penting dan harus kamu perhatikan. Penggantian aki sebisanya harus dilakukan tepat waktu pula. Agar motor tidak mengalami kemacetan.
    Umumnya apabila kamu kehabisan aki, maka tahap awal yang muncul adalah motor matic sulit untuk di starter hingga pada akhirnya speedometer tidak akan berfungsi. Sebelum hal-hal tersebut terjadi, kamu bisa sering melakukan pengecekan. Bisa juga jika kamu merasakan motor matic sulit di starter, maka itu bisa menjadi pertanda bahwa aki perlu di isi ulang. Aki lebih berhubungan dengan mesin hal-hal atau energi dari motor itu sendiri.
  5. Mengendarai Motor Matic Dengan Baik.
    Cara berkendara yang baik juga merupakan salah satu tips merawat motor matic. Kamu biasannya sering menjumpai ada orang yang menaiki motor matic ugal-ugalan seperti kecepatan gas yang dimainkan kadang kecepatan rendah tiba-tiba menjadi tinggi. Menjaga kestabilan kecepatan gas merupakan hal wajib dalam motor matic. Baca juga cara ngerem motor metic>>
    Tentunya kamu tidak mau jika motor matic kamu mengalami kerusakan karena permainan gas tersebut. Kamu harus tahu bahwa motor matic yang dikendarai dengan tidak stabil dapat mengurangi keawetan mesin. Mesin akan mudah rusak. Bahkan jika hal tersebut terus berlanjut, maka valbelt dari motor bisa terkena imbasnya juga.
  6. Menggunakan Bahan Bakar Yang Memiliki Kualitas Mutu Tinggi.
    Tips merawat motor matic yang satu ini harus benar-benar diperhatikan. Pasalnya bahan bakar juga turut serta berpengaruh terhadap performa dan untuk jangka panjang dari motor. Kamu harus memilihkan bahan bakar dengan kualitas terbaik dan unggul untuk motor. Pastinya sesuatu yang berkualitas akan sangat baik jika digunakan. Seperti bahan bakar.
    Jangan tergiur dengan bahan bakar harga murah. Terkadang jika diperhatikan banyak para pengecer bensin, melakukan campuran bahan bakar agar memiliki untung yang lebih besar. Tentunya hal tersebut akan membuat motor menjadi lebih bermasalah. Tentu saja kamu tidak mau jika hanya karena bahan bakar harus memasukkan motor ke bengkel.
    Cara yang bisa dilakukan agar mendapatkan bahan bakar asli tanpa campuran, dengan membeli bahan bakar yang disediakan oleh pemerintah. Seperti pom dan sebagainya. Kemudian yang perlu diperhatikan kembali jangan melakukan pergantian bahan bakar secara langsung atau mendadak. Karena dapat mempengaruhi kinerja mesin motor.
  7. Melakukan Service/Perbaikan Motor Secara Rutin Di Bengkel Resmi.
    Melakuan perbaikan atau servis merupakan tips merawat motor matic yang turut diperhatikan. Kegiatan ini sama dengan seperti menyediakan paying sebelum hujan. Mencegah kerusakan pada motor sebelum akhirnya timbul kerusakan. Perbaikan atau servis ini harus dilakukan pada bengkel asli dan terpercaya. Sehingga nantinya kamu akan mendapatkan pelayanan dan juga komponen yang berkualitas.
    Pada saat perbaikan, kamu akan melakukan pengecekan pada beberapa komponen yang ada pada motor. Seperti keadaan oli, aki, karburator hingga vanbelt. Perbaikan ini tentunya bertujuan agar motor matic kamu memiliki performa yang terbaik. Umumnya servis dilakukan dalam jangka waktu 3 bulan sekali. Tapi, sebelum 3 bulan malah lebih bagus.
Tips Merawat Motor Matic
Tips Merawat Motor Matic

Bagi kamu para riders harus memiliki pengetahuan tentang motor. Khususnya motor matic yang kamu miliki. Mengenai komponen hingga fungsinya serta bagaimana tips merawat motor matic yang benar. Banyak orang yang mengabaikan perawatan motor matic, mereka hanya menggunakan setiap hari tapi tidak dilakukan perawatan. Tentu saja hal tersebut berpotensi untuk menimbulkan kerusakan.

Kerusakan yang tidak di sadari dari awal akan berakibat buruk. Mulai dari keadaan motor yang rusak total dan sebagainya. Jika kerusakan motor telah bertambah parah, tentunya kamu juga harus melakukan servis dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Berbeda jika kamu selalu melakukan perawatan motor setiap saat, motor akan tetap awet sesuai dengan kapasitasnya.

One thought on “Tips Merawat Motor Matic dengan Mudah dan Sederhana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *